Resep Kue Cubit Enak, Empuk, Praktis dan Lumer di Mulut

Ads by google:
Resep Kue Cubit Enak, Empuk dan lumer di mulut kami haturkan spesial buat bunda. Cara membuat kue khas Bandung ini sangat praktis kok.

Mendengar namanya jadi ingin tertawa sendiri. Apa kue itu keluar ketika kita mencubit seseorang? hahaha. Hal itu pasti tidak mungkin. Kue cubit ini merupakan salah satu jajanan khas tradisional Bandung. Dan cukup popular bukan hanya di Bandung, tapi juga di Jakarta.

Kalau soal penamaannya ada berbagai pendapat. Ada yang mengatakan saat proses pembuatannya dipanaskan pada cetakan, setelah matang diambil dengan menggunakan tusuk lidi atau bisa menggunakan penjepit. Namun, bagaimanapun asal penamaannya yang penting rasanya lumer di mulut :).


Biar semakin tahu soal kue cubit, yuk baca 4 Franchise Kue Cubit Bandung yang Bikin Ngiler!



Resep Kue Cubit Empuk Lumer di Mulut
Ilustrasi Kue Cubit Empuk

Rasa yang manis dan taburan mesies diatasnya menjadi ciri khas si kue imut, kue cubit. Orang bandung memang lah sudah tidak asing mengenal betul kue cubit. Pada proses pembuatannya nanti ada 2 macam, kue cubit setengah matang dan matang. Yang setengah matang ini justru malah banyak penggemarnya. Mungkin teksture yang lembut dan melumer di mulut ini lah yang menjadi daya tarik penggemar.


Nah, ngomong - ngomong soal kue lembut dan lumer di mulut, yuk kita baca cara membuat kue yang bikin ngiler berikut ini!


Waktu Pembuatan Kue
Dalam proses pembuatannya nanti kita perlu menyiapkan sedikit waktu yaitu :
  • 20 menit menyiapkan bahan
  • 20 menit proses pembuatan

Peralatan yang Dibutuhkan

Ada beberapa alat yang di butuhkan diantaranya :
  • Wadah
  • Mixer
  • Cetakan
  • Kuas untuk mengolesi cetakan

Kembali ke cara membuat kue cubit. Tentunya untuk mendapatkan kenikmatan kita harus memilih bahan yang berkualitas, dan paling penting takaran yang akan kita gunakan nanti harus pas. Bahan pembuatannya hampir sama dengan kue jajanan yang lain, untuk lebih jelasnya kita intip di bawah ini :).



Resep Kue Cubit Bandung yang Makin Menggigit

Ads by google:

Bahan Kue Cubit:
  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 200 ml susu cair
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt baking powder
  • keju parut dan coklat meses secukupnya

Sedikit Tips Membuat Kue Cubit yang Lembut :
  1. Usahakan gula benar-benar larut supaya teksture kue cubit menjadi lembut
  2. Gunakan wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
  3. Cetakan di sesuaikan dengan keinginan


Cara Membuat Kue Cubit Enak dan Empuk :
  1. Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Gunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan susu cair aduk hingga rata. Tuang margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk.
  3. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
  4. Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.
  5. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan keju atau coklat meses lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan.
  6. Keluarkan dari cetakan lalu sajikan.

Porsi :
  • Untuk cetakan kecil, biasanya jadi 15-20 biji.
  • Jika cetakannya besar, mungkin bisa kurang dari itu.

Saran Untuk Menyajikan :

  • Sajikan di sebuah piring datar.
  • Jika memiliki sisa keju parut taburi di atas kue cubit supaya lebih nikmat dan menarik.

Tidak sulit bukan? Bahkan cenderung mudah. Ini merupakan salah satu kekayaan dari segi makanan di Indonesia. Sudah selayaknya kita melestarikan. Bukan hanya sekedar menikmati tapi juga mencoba membuatnya sendiri di rumah.


Coba varian kue cubit berikut ini yuk bund ! :)
  1. 2 Versi Lengkap Resep Kue Cubit Green Tea Enak Empuk
  2. Resep Cara Termudah Membuat Kue Laba - Laba Praktis New!
  3. Resep Kue Cubit Abang-Abang 100% Empuk Terbaru - New!

Kita coba membuat kue odading lembut khas Bandung dan resep kue kacang tanah yuk !. Selamat mencoba Resep Kue Cubit Enak, Empuk dan menikmati hasil kerja kerasnya iya bund :)
Ads by google:
43 Komentar

terimakasih resep kue cubitnya pasti ku coba keliha nikmat sekali

Alhamdulillah pak, resepnya bermanfaat. Insya Allah kalau dibuat dengan sepeuh hati, akan menjadi kue cubit yang lezat ^_^

ini jadi berapa biji ya mbak?

Kalau cetakan kecil, kurang lebih ada 15-20 biji kak. Kalau cetakannya lebih besar, mungkin kurang dari itu.

Resepnya bermanfaat. Izin copas ya, Kak. Terima kasih. ^_^

Silakan mba, tapi tolong cantumkan sumber berupa link aktif ya ^_^

Adonan paling lama bertahan berapa jam mbak sebelum di masak..

maaf mau tanya bun kl kue cubit itu airnya brp cc? air putih biasa atau susu

bisa pakai susu cair. 200 ml bund.

Susu cairnya utk apa mbak, kok tdk ada dlm cara membuat kue cubit... Maaf newbie nie :)

Enyak...enyak...palagi dimakan selagi panas patut dicoba tuh mbak salam kenal dari saya kuredew.blogspot.com

mohon maaf bund, ternyata ada kesalahan teknis. Terima kasih atas koreksinya. :)

Bener banget bund.. Apalagi saat musim hujan gini. Enaknya ngemil yg anget2. Salam kenal juga bunda Dewi :)

Udh bikin nih barusan,, tp tanpa soda kue & susu cair.. Nti lain kali coba deh pake..

Bisa mbak susu cairnya aku ganti air saja????

nda bisa. jika diganti air saja, nanti teksture kuenya jadi kurang lembut

Jika diganti susu kental ditambah air kah?

Kalau kue cubit yg sudah jadi bisa tahan lama gak?

bisa tahan lama. tapi lebih enak jika dimakan selagi hangat..

mau tanya mba kalo untuk adonan kuenya sendiri itu bisa tahan brp lama ya?
makasih yak

Sepengetahuan saya nda tahan lama Bu.. Soalnya bahannya ada susunya. Susu kan mudah basi. Apalagi ditambah soda kue.

Bu tania, ko punya aku beda ya, coba cek deh
https://masakanayah.wordpress.com/2016/03/20/resep-kue-cubit-no-mixer-paten/

silakan mas Aan. Makasih banyak :)

Gula nya itu di halusim dlu apa enggak mbk??

tidak usah bu. Nanti gulanya bisa larut ketika di mixer. Tapi pastikan gula bener-bener larut ya. Supaya kue cubitnya sempurna

maaf kaka baru sempat buka blognya... :) terima kasih untuk referensi dari resep sampai tipsnya.. lain kali boleh dicoba :)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

maaf bu tania kok di tulisan resep ga ada tepung kanji tapi di vidio pake tepung kanji...makasih

Kue sederhana tapi rasanya mantep. Di tunggu resep2 berikutnya bun

mungkin yang bunda maksud itu video di resep kue cubit green tea ya?
soal penambahan tepung kanji, itu pilihan bunda. Ditambah atau pun tidak, rasanya sama-sama nikmat kok.

Terima kasih mas Roy. Jangan lupa kunjungi butania.com ketika mencari resep masakan dan atau kue ya :)

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus

terima kasih kembali :). Selamat datang dan berkunjung. Kalau lagi nyari resep, atau artikel menarik seputar makanan, jangan lupa klik butania.com ya :)

Ini resep stngah mateng kh mb ?

iya, ini resep kue cubit setengah matang.

Mbk adonan nya tahan brpa jm ya?? Klau d taruh kulkas bisa than ngk yaa

sehari aja udah maksimal iya mba :d

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?