Resep Bolu Kukus Gula Merah Mekar Merekah Sempurna

Ads by google:
Coba Resep Bolu Kukus Gula Merah Mekar Merekah Sempurna yang lembut, empuk, dan warna - warni ini ya. Tenang saja, ada panduan lengkap cara membuatnya kok. Ada tips agar sukses membuat kue lezat ini serta rahasia agar bisa merekah dengan sempurna lho.


Kue Bolu Kukus Gula Merah Mekar Sempurna

Bolu kukus gula merah merupakan salah satu varian dari bolu kukus. Bolu kukus sendiri selalu ada di toko kue ataupun pasar tradisional. Warnanya beraneka macam, ada yang merah muda, hijau putih bahkan ada juga yang warna - warni. Kue ini juga merupakan makanan yang khas dari Indonesia. Disukai oleh semua orang karena rasanya yang manis dan penampilannya yang menarik.

Berbicara soal bolu kukus, yuk kita baca juga resep bolu kukus di bawah ini :

Namun berbeda kali ini, yang biasanya bolu kukus menggunakan gula putih sebagai bahan pembuatannya, kini kita akan menggunakan campuran gula merah. Tentu dengan warnanya yang cantik yaitu merah kecoklatan. Sebenarnya dalam pembuatan kue dengan menggunakan gula merah tidak jauh berbeda dengan membuat kue dengan gula pasir pada umumnya.

Aroma yang dhasilkan nanti akan berbeda, yaitu lebih harum, sedapnya gula merah akan tercium. Seperti kita ketahui sebelumnya, manfaat dari gula merah untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya :
Ads by google:
Mampu membersihkan racun-racun dari darah Anda, mengatasi masalah pencernaan, biasanya dengan menambah gula ke dalam teh, susu, atau minuman apapun, membantu mengatasi sariawan dengan segelas kunyit asam, gula merah mengandung zat besi sehingga membantu mengatasi masalah anemia ketika wanita menstruasi, mencegah Jerawat, mencegah batuk dan demam, mencegah asma, meredakan nyeri saat menstruasi dan masih banyak lagi manfaat dari gula merah.

Itu hanya sebagian kecil manfaatnya iya. Manfaat yang sebegitu luar biasa saatnya dikreasikan ke dalam makanan, pasti bisa dijadikan alternative bagi yang tidak ingin mengkonsumsinya secara langsung.

Waktu Pembuatan :
Dalam pembuatanya nanti kita memerlukan waktu :
  • 20 menit untu mempersiapkan bahan dan peralatan
  • 25 menit untuk mengukus

Peralatan yang Digunakan :
Beberapa alat juga perlu dipersiapkan, antara lain :
  • Wadah
  • Panci untuk merebus
  • Mixer
  • Timbangan
  • Cetakan kertas
  • Pengukus

Kembali ke kue bolu kukus gula merah, bahan yang diperlukan dalam pembuatan Bolu Kukus gula merah sama seperti halnya membuat bolu kukus yang lain,  perbedaan hanya dari gulanya, kali ini kita akan menggunakan gula merah dengan takaran yang pas, agar kita tetap mendapat manfaatnya seperti di atas . berikut bahan-bahan yang digunakan beserta cara pembuatannya :).

Resep Bolu Kukus Gula Merah Merekah Sempurna
Bahan Membuat Bolu Kukus Gula Merah :
  • 1 butir telur ayam
  • 200 gram gula merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 200 ml air
  • ¼ sendok teh garam
  • ½  sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh soda kue
  • 250 gr tepung terigu yang berkualitas baik
  • 125 ml minyak goreng

Sedikit tips agar bolu kukus gula merah bisa merekah sempurna :
  • Rebusan gula merah sebaiknya di tunggu hingga dingin dan di saring, agar larutan gula licin dalam artian tidak ada sisa ampas dari gula.
  • Tutup pengukus sebaiknya dilapisi kain, supaya tidak ada uap air yang jatuh sehingga kue yang dihasilkan lebih sempurnaatau tidak bantat.
  • Usahakan tidak membuka tutup pengukus sebelum waktu pemasakan selesai, karena bisa mengakibatkan kue tidak menggembang sempurna.


Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah :

  1. Rebus gula dalam air yang mendidih, aduk perlahan sampai larut, kemudian sisihkan.
  2. Siapkan wadah untuk membuat adonan, lalu masukkan telur ayam, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang, masukkan rebusan gula merah.
  3. Masukkan tepung terigu dan baking powder, soda kue yang sudah diayak kedalam adonan, aduk rata
  4. Tambahkan minyak goreng kemudian aduk lagi sampai adonan tercampur rata
  5. Tuang adonan kedalam cetakan kertas yang berbentuk mangkuk.
  6. Kukus adonan sampai matang dan mengembang selama 25 menit

Bolu kukus gula merah lebih terasa nikmatnya ketika dinikmati selagi hangat bersama segelas susu ataupun teh.

Tidaklah sulit bukan bahan ataupun proses pembuatannya? Saatnya kita menuju dapur dan segera membuatnya sesuai dengan langkah-langkah di atas. Hasilnya dijamin membuat hati kita bahagia, apalagi jika dinikmati bersama keluarga tercinta :)

Pasti bunda belum pernah membuat kue kriuk, renyah dan gurih satu ini. Yuk bunda langsung saja kita lihat resepnya di Resep Apple Crumble Bar Kriuk, Gurih, dan Lezat.

Selamat mencoba Resep Bolu Kukus Gula Merah dan menikmati hasil kerja kerasnya ya Bund :)
Ads by google:
21 Komentar

Setelah semua bahan dimasukan apakah di aduk menggunakan mixer jg apa bagaimana?

Boleh pakai mixer bunda, supaya adonannya bisa tercampur merata. Saya sarankan pemakaiian mixer pada kecepatan 1 ^_^

klo menggunakan sprit bisa mengembang g ya...

maaf bunda Tri indah wati baru membalas pertanyaannya. Kalau menggunakan minuman bersoda seperti spr*te saya belum pernah mencobanya. Soalnya di dalam resep sudah menggunakan air dan baking soda, takutnya kalau nanti ditambahkan atau airnya diganti spr*te hasilnya kurang memuaskan. Toh lebih ekonomis memakai air bunda.

Kalo telurnya d mixer berapa lama?

Bun resepnya ga pake sp ya? Aku biasanya klo bikin bolu selalu pake sp, klo ga pake sp takut bantet

maaf bun baru balas.

Alhamdulillah resep ini sudah saya coba berlang kali tanpa sp hasilnya sudah lembut banget bun.

Saking mekarnya, kadang bikin ketawa.

Maaf...kalo pake kompor gas..ntar kue cubitnya mateng bareng gak antara yg ditengah cetalan sm yg pinggir? Tq infonya...

insya Allah bisa mateng bareng mba.. yg penting sering dicek aja. coba ditusuk pakai lidi atau garpu untuk mengecek kematangannya.

Sya knp gagal ya bun bikin bolu kukusx...hedeeecch

bukan gagal bunda, tapi belum berhasil aja hehehe. Coba deh bikinnya dengan sepenuh hati dan yakin berhasil pakai resep di atas.

maaf bunda baru sempat membalas :)

brapah lama mixernya? mohon di jawab

sampai bahan yang dimixer tercampur rata.

Penggunaaan 1 telur untuk 250 gr tepung terigu..cukup bun?

Penggunaaan 1 telur untuk 250 gr tepung terigu..cukup bun?

maaf bun baru saya balas komentarnya.
resep ini memang hanya menggunakan 1 telur.

Allhamdulillah coba ikutin resepnya bunda tania roti kukusnya mau ketawa alias mekar....makasih bund resepnya

Untuk airnya yg 200ml itu buat rebusan gula atau beda lagi bun?

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?