Resep Kue Kering Satu Kacang Hijau yang Bikin Menyatu

Ads by google:
Resep Kue Kering Satu Kacang Hijau adalah salah satu variasi kue kering yang tersaji saat lebaran tiba, bentuknya yang imut dengan warna putih kehijauan membuat mata kita tertarik melihatnya. Bukan hanya tampilannya yang menarik iya, tapi rasanya juga nenedang di mulut.

Indonesia memang kaya akan kuliner nusantara, salah satunya kue kering satu kacang hijau. Kacang hijau tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk dibuat bubur saja oleh orang jaman dulu, tapi juga dibuat kue kering satu ini.


Resep Kue Satu Kacang Hijau atau Kaoyah
Ilustrasi Kue Satu Kacang Hijau

Beda tempat, maka beda pula penamaan untuk sebuah kue. Kue kering satu kacang hijau dibeberapa daerah ada pula yang menyebutnya dengan nama kue koyah. Beda lagi di tempat saya, kue satu ini memiliki nama kue kaoyah . Tapi apapun penamaannya , yang paling penting itu rasanya yang legit, hehehe

Sampai sekarang mungkin belum ada yang tahu betul sebab kenapa kue kering imut nan legit ini dinamakan kue satu. Apa mungkin karena disimpan di dalam toples, sehingga kita cuman bisa mengambilnya satu-satu ? ahh… masih belum nemu jawabannya juga, tak apalah.. hehehe
Ads by google:
Harga untuk kue koyah memang relative murah, dan penjualnya juga mudah kita temui dipasaran kok. Nah… dengan kondisi yang demikian biasanya kita lebih suka membeli resep kue kering satu kacang hijau tinimbang harus membuatnya sendiri di rumah,  ohh tidak :). Ayo dong bun, saatnya kita berkreasi  sendiri dengan jemari kita untuk menghasilkan sesuatu yang menambah keakraban keluarga :). Kapan lagi ? hehehe

Nah… kalau ada keraguan akan sulitnya membuat resep kue kering satu kacang hijau segera dipupuskan yuk :), karena sebenarnya cara membuat kue dan bahan yang diperlukan mudah kok, masih kurang percaya ? langsung aja deh kita intip dibawah ini :)


Resep dan Cara Membuat Kue Kering Satu Kacang Hijau

Waktu Pembuatan :
  • 20 menit untuk persiapan
  • 30 menit untuk memasak

Peralatan yang Digunakan :
  • Wadah
  • Wajan
  • Blender
  • Saringan
  • Oven
  • Cetakan
  • Loyang

Bahan Resep Kue Satu Kacang Hijau :
  • 200 gram kacang hijau
  • ¼ sendok teh Perasa Vanila atau vanila essence
  • 175 gram Gula pasir putih halus atau gula pasir bubuk
  • Air matang atau juga bisa menggunakan air mineral secukupnya.

Sedikit Tips Untuk Membuat Kue Kering Satu Kacang Hijau :
  • Saring hasil tumbukan kacang hijau yang sudah disangrai iya bunda :), supaya bisa dipastikan hasilnya benar-benar halus.
  • Kalau perlu memakai tangan untuk mencampurnya (biasa di sebut dengan meng-uleni).


Cara Membuat Kue Satu Yang Paling Mudah

  1. Pertama, sangria kacang hijaunya, kemudian kupas kulitnya sampai bersih dan tumbuk sedikit demi sedikit sampai halus. Yang memiliki blender, bisa juga menggunakannnya untuk menghaluskan kacang hijau yang telah disangrai.
  2. Saring hasil tumbukan kacang hijau.
  3. Masukkan gula bubuk dan sedikit vanila essencenya. Campur semua bahan sampai benar benar rata.
  4. Masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil tetap di aduk hingga rata sampai terbentuk adonan yang pulen.
  5. Siapkan oven dengan api sedang cenderung kecil sampai mencapai suhu 145-160 derajat celcius.
  6. Sambil menunggu oven panas masukkan adonan kue satu ke dalam cetakan kue yang akan di gunakan. Tekan sampai padat.
  7. Masukkan cetakan kue dalam oven dan panggang sebentar sampai matang dan kering. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan sebelum di masukkan ke dalam toples.

Hmmm … mudah bukan cara membuat resep kue kering satu kacang hijau ? kalau sudah tahu mudah kayak gini, kapan kita akan membuatnya iya ? aduh masih mikir ? langsung sekarang aja yuks:)

Selamat mencoba dan menikmati :)
Ads by google:
1 Komentar

thank you buat resepnya ya bu. Enak nih kue putunya buat hari lebaran berhubung yang lain udah ada, ini jadi tambahan resep saya. Untuk liat resep lain bisa intip disini juga bu http://www.grosirkuekeringmurah.com/

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?