Resep Bolu Ketan Hitam Keju Kukus Enak, Lembut dan Anti Bantat

Ads by google:
Yummi.. Bolu ketan hitam kukus siapa mau? Nda bakal deh ada yang nolak :) , betul? Nah bagaimana kalau kita belajar resep bolu ketan hitam kukus lapis keju yang enak, lembut dan anti bantat di rumah? Tenang saja bunda cara membuatnya begitu mudah kok, plus waktu pembuatannya singkat :)

Bolu ketan hitam kukus merupakan salah satu varian kue bolu yang terbuat dari tepung ketan lho :). Bunda tentu tau dong iya, tepung ini biasanya digunakan membuat kue atau jajanan pasar seperti klepon, onde-onde dan kue bugis. Mungkin dengan jajanan diatas sudah terlalu sering dinikmati, tidak ada salahnya jika bunda atau sista nanti mencoba membuat si bolu.

Resep Bolu Ketan Hitam Keju Kukus
Ilustrasi Bolu Kukus Ketan Item Lembut

Mengenal sedikit tentang tepung ketan iya bunda. Ketika kita sudah membeli untuk membuat kue, pernah tidak bunda memikirkan tentang apa saja sih kandungannya? Salah satu kandungan si tepung ketan adalah kaya serat dibandingkan tepung ketan putih, tinggi akan antioksidan, potassium dan magnesium yang tentunya bermanfaat untuk mengontrol radikal bebas penyebab dari kanker dan tekanan darah bunda :)

Nikmatnya si cake ketan hitam empuk dapat dirasakan oleh semua orang kok, baik itu buah hati, remaja, ayah-bunda, bahkan kakek nenek. Terus yang lagi diet dan sedang mengalami obesitas bagaimana? Eits.. tenang.. tenanglah. Justru sebenarnya tepung ketan hitam itu sangat bagus untuk kesehatan badan kita agar terhindar dari obesitas. Jadi mau sebanyak apapun kita menikmati kue bolu lembut ini justru tidak menambah kegemukkan. Cocok banget kan?

Oke, tidak perlu waktu lama, takut ada yang mulai ngetes.. tes.. tes :D. Kita lanjut ke bahan dan cara pembuatan sie kue berwarna cantik ini yuk :)

Resep Bolu Ketan Hitam Keju Kukus Anti Bantat


Waktu yang dibutuhkan :
  • 15 menit untuk mempersiapkan bahan
  • 30 menit untuk memasak bolu

Peralatan yang diperlukan :
  • Wadah
  • Mixer
  • Sendok makan
  • Sendok teh
  • Kukusan
  • Loyang ukuran 24x24x6cm

Bahan bolu ketan hitam keju kukus :
  • 250 gram tepung ketan hitam
  • 200 gram margarin (lelehkan)
  • 250 gram gula pasir halus
  • 2 sendok makan susu kental manis putih
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh emulsifer (sp / tbm / ovalet )
  • ½ sendok teh  vanili bubuk
  • ¼ sendok teh garam
  • 6 butir telur ayam
  • 3 lapis keju lembaran
Ads by google:
Tips Anti Bantat :
  1. Pastikan telur dalam keadaan suhu ruang dan segar iya bunda. Cirinya ketika kita pecahkan dan kita masukkan ke dalam mangkuk adonan itu masih utuh kuningnya.
  2. Penambahan emulsifer juga membantu adonan tetap stabil untuk cake kukus yang cara mengukusnya dilapisi dengan keju misalnya, sedangkan sebagian adonannya harus menunggu untuk dikukus
  3. Mengocok telur sampai mengembang itu waktunya tidak bisa dipastikan tergantung dengan kekuatan mixer bunda di rumah. Tapi waktu mengocoknya juga tidak perlu terlalu lama, nanti bisa jadi adonan keras. Nah untuk mempercepat proses pengembangan, mangkok bisa dimiringkan
  4. Ciri kocokan telur yang sudah mengembang yaitu kental berjejak, warnanya putih mengkilat, jika kita mengangkat mixer akan terbentuk ujung yang runcing, dan kaku.
  5. Teknik yang digunakan untuk mencampur kocokan telur yang sudah mengembang dengan tepung, santan atau lemak lainnya harus diperhatikan iya :) Aduk balik adonan perlahan dari arah bawah ke arah badan kita.
  6. Jangan diaduk cepat-cepat dan terlalu kuat, karena kocokan telur yang sudah mengembang bisa turun lagi dan hilang deh pori-pori adonannya, alhasil kuenya jadi bantat.
  7. Lapisi tutup kukusan dengan kain agar tidak menetes ke kue ketika dikukus

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lapis Keju Lembut :
  1. Pertama kita siapkan loyang iya, jangan lupa olesi dengan sedikit margarin atau minyak, alasi dengan kertas roti.
  2. Panaskan kukusan, air jangan melebihi separuh tinggi kukusan iya, agar air tidak terlalu bergejolak dan bikin cake basah.
  3. Ambil wadah, kemudian kocok telur, emulsifer, gula pasir halus, dan garam hingga mengembang dan kental
  4. Tambahkan tepung ketan hitam, vanili bubuk, dan baking powder sambil di ayak-ayak dan aduk rata kembali.
  5. Tuangkan susu kental manis putih sedikit demi sedikit beserta dengan margarin yang sudah dilelehkan sambil di aduk rata menggunakan spatula.
  6. Setelah selesai, tuangkan separo adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan kukus selama 10 menit.
  7. Setelah 10 menit kita tata keju lembaran, tuang lagi sisa adonan dan kukus kembali dengan api sedang selama 20 menit.
  8. Setelah matang, angkat dan dinginkan sejenak
  9. Potong-potong dan hiasi dengan buah ataupun keju parut (sesuai selera)

Porsi: 25 potong

Kandungan dan Manfaat Ketan Hitam Untuk Kesehatan :

Mengenal lebh jauh mengenai ketan hitam yuk bunda :)
  1. Ketan hitam membantu tubuh kita dalam pembentukkan sel darah merah dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Ketan hitan yang mengandung zat besi hingga 15,52 ppm ini didalamnya bermanfaat untuk mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah anemia, mencegah kanker dan tumor, memperbaiki kerusakan sel hati seperti hepatitis dan chirosis (pengerasan hati).
  3. Antioksidan didalamnya juga dapat memperlambat penuaan dan membersihkan kolestrol dalam darah.
  4. Selain itu, ketan hitam juga membantu menyuburkan rambut dan membuat otot-otot dalam tubuh menjadi padat.
  5. Sifat anti inflamasi nya juga berguna untuk mencegah alzheimer. Namun itu semua juga harus berdasarkan konsumsi ketan hitam dalam jangka panjang dan takaran yang pas iya :)

Mudah sekali kan bunda cara membuat kue bolu ketan hitam kukus lapis keju ini? Kapan mau mencoba? Tentunya ada greget untuk segera membuatnya kan? Apalagi ini semua untuk keluarga tercinta, si buah hati yang sedang aktif-aktifnya sangat cocok nih dihidangkan sepiring kue yang istimewa :)

Selamat berkreasi dengan resep di atas ya bunda :)

Coba resep kue bolu di bawah ini yuk bund !
  1. Resep Bolu Kukus Gula Merah Mekar Merekah Sempurna
  2. Resep Kue Bolu Kukus Mekar Warna - Warni Pelangi
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?