Resep Crepes Garing, Renyah dan Pastinya Enak

Ads by google:
Resep crepes garing siapa iya yang belum tahu? Hehehe. Hampir semua orang sudah tahu dong iya, bahkan anak kecil sekalipun. Hmm… ngomong-ngomong soal crepes, cara membuatnya mudah pake banget lho, mau tahu? Yuk kita pelajari bahan dan tipsnya dengan panduan yang lengkap dibawah ini.

Crepes merupakan salah satu jenis roti yang sangat tipis, bahan pembuatnya sama yaitu dari tepung terigu. Si kue ini sudah terkenal lho diseluruh benua eropa dan kini mulai merambah ke seluruh dunia.

Resep Crepes Garing Renyah Crispy
Ilustrasi Crepes Crispy

Berbicara soal asal muasalnya, kata crepe berasal dari Perancis dengan sebutan crispa, yang memiliki arti meringkuk. Sedangkan kata Crepes berasal dari bahasa Inggris, dan merupakan jajanan ringan yang berisi berbagai varian topping. Nah topping yang digunakan sangat sederhana, mulai dari gula halus, choco chip, krim vanilla, pisang, keju dan masih banyak lagi.

Rasa yang manis, renyah pokoknya unik deh merupakan padu padan yang paling nikmat dari si crepes ini. Crepes juga aman kok dimakan dari berbagai kalangan usia karena tanpa bahan pengawet tentunya.

Dari mereka yang anak-anak, remaja, bapak ibu bahkan sampai nenek kakek sangat menyukai si crepes lho, karena memang teksturenya begitu renyah. Bukan hanya diperkotaan aja sih si crepes dijual, bahkan di desa-desa kecil pun ada kok, hanya mungkin berbeda nama aja. Dan biasanya banyak yang menjual dipinggiran jalan.
Ads by google:
Kalau di desa lebih dikenal dengan nama kue leker atau bahkan intip. Tentunya dengan porsi yang lebih kecil iya sesuai dengan harganya sih. Kalau di perkotaan berkisar 10.000 ke atas, sedangkan di desa murah banget sekitar 100 hingga 3000 rupiah, sangat ekonomis kan.

Nah.. untuk cara membuat crepes crispy bagaimana iya? Mungkin pertanyaan inilah yang muncul untuk pertama kalinya ketika kita menikmati si kue. Jawabannya sih sangat mudah pakai banget bunda :) . Apalagi bunda di rumah sudah punya wajan teflon atau wajan yang rata alias tidak cekung, wah tunggu apalagi segera cuss ke dapur dong iya.

Soal bahan yang akan kita gunakan untuk membuat Crepes nanti juga mudah didapat dengan harga terjangkau kok. Langsung saja kita simak bahan dan tips membuatnya yuk di bawah ini :) !

Resep Crepes Garing nan Renyah


Waktu Pembuatan Kue :
  • 15 menit untuk persiapan
  • 20 menit untuk memasak

Peralatan yang Digunakan :
  • Wadah
  • Sendok makan
  • Teflon
  • Whisker

Bahan Crepes Crispy :
  • 75 gram Tepung Terigu
  • 150 ml Susu Cair Sapi
  • I butir Telur Ayam
  • Selai Cokelat secukupnya
  • Kayu Manis secukupnya
  • 1 sendok makan Butter atau margarin
  • Gula Putih secukupnya

Bahan Isi / Topping Crepes :
Choco chip, keju, pisang dipotong tipis, nutella coklat, messes, susu, atau sesuaikan dengan selera bunda maupun si buah hati.

Tips Membuat Crepes yang Renyah :
  1. Bunda bisa mengocok susu dan telur hingga berbusa hal ini akan membuat adonan Crepes lentur.
  2. Pengayakan tetap saja harus dilakukan iya, hal ini membuat tepung jatuhnya menyebar rata sehingga Crepes menjadi lebih lembut.
  3. Pemakaian butter bisa juga diganti dengan margarine kok, nanti akan membuat wajan anti lengkat tidak perlu dioles minyak lagi.
  4. Saat menuang adonan Crepes disarankan tidak di atas kompor iya, tapi dengan mengangkat teflon agar adonan masih cair dan mudah di tipiskan dengan memutar wajan, setelah itu letakkan kembali wajan di atas kompor.

Cara Membuat Crepes Crispy :
  1. Pertama yang harus kita lakukan untuk mendapatkan crepes garing adalah tuang susu cair dan telur ke dalam wadah. Nah saat mengocok kita cukup menggunakan whisk aja, hingga berbusa. Sebaiknya bunda harus memastikan adonan benar-benar rata supaya adonan bisa lentur.
  2. Masukkan tepung terigu sambil di ayak iya. Selanjutnya, kocok lagi adonan hingga tercampur rata. Lelehkan butter / margarin lalu masukkan ke dalam adonan tepung. Aduk lagi hingga rata.
  3. Panaskan wajan anti lengket atau teflon. Setelah panas, angkat dari kompor, tuang adonan crepes pada wajan, putar wajan agar adonan rata dan tipis.
  4. Letakkan kembali wajan di atas kompor, masukkan nutella di dalam Crepes. kita juga bisa menggunakan taburan gula putih serta kayu manis bubuk, setelah itu lipat Crepes menjadi bentuk segi tiga.
  5. Crepes sudah bisa disajikan.

Saran Penyajian :
Crepes akan terasa lebih nikmat dan renyah jika dinikmati selagi hangat dengan secangkir teh maupun kopi.

Setelah membaca resepnya bagaimana bunda? Mudah sekali kan? Bahkan nanti jika dipraktekkan jauh lebih mudah lho, nda percaya? Buktikan saja deh :) Mau coba Resep Kue Cubit Green Tea nda? Kue asli Bandung tersebut lembut dan lumer di mulut lho..

Selamat mencoba Resep Crepes crispy garing dan semoga bermanfaat :)
Ads by google:
17 Komentar

aq buat crepes kr2 knp y koq ga garing, malah jadiny lembek

mungkin saat memanggangnya kurang kering. Atau bisa tambahkan 1 sendok makan tepung beras biar lebih crispy

Aku koq jdx pinggirx doank yah yg garing...tengahx lembek2 gitu..apa krn kurang tipis? Ato adonanx kali' yah?

mungkin adonannya ketebelen mbak..

Mbk@emang jadi ,kalau bikin kue crepes tanpa soda kue/baking powder....????

resep di atas berdasarkan pengalaman pribadi saya mbak. sudah berkali-kali mencoba hasilnya memuaskan kok.

mau tanya nih mba, itu tahan renyah berapa menit ya.. aku buat kok setengah jam udah ga renyah lagi.. ada tips ga mbak biar tambah tahan lama

biasanya memang tahan sekitar 30 menit. sebaiknya segera dinikmati selagi hangat. agar tahan lama, coba simpan di wadah yang tertutup rapat.

Hai mba' salam kenal...😆 mau tanya perlu nggak sih ditambahkan tepung beras dan baking powder? Soalnya di beberapa resep ada yg pake tepung beras dan baking powder??? Makasih mba😊

kalau tepung beras mungkin bisa ditambahkan, tapi kalau baking powder saya belum pernah mencoba.
Dengan resep di atas aja hasilnya sudah gurih banget kok bun.

terima kasih kembali bunda dewi. Senang bisa berbagi resep :)

Hallo bun,di resep ada kayu manis nya,itu kayu manis nya di gimanain?kayu manis bubuk yaaa?

iya kayu manis bubuk. Kita pakai kayu manis bubuk agar crepesnya lebih harum.

salam kenal bun susu cair nya bisa di ganti soal nya di sini susah dapet nya
susu UHT misal nya

Salam kenal bunda Dimors. Maaf baru sempat membalas.

Boleh bunda.

Hai mba, Saya blm jadi bunda ya hehe... :D masih remaja tp mau bikin resep diatas buat camilan kira" takeran adonan diatas jadi berapa ya?

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?