Resep Kue Red Velvet Kukus yang Padat Lembut di Mulut

Ads by google:
Resep Kue Red Velvet Kukus empuk ternyata tidak sesulit seperti yang kita bayangkan. Cara membuatnya hanya butuh waktu 30 menit. Bahan cake yang padat tapi lembut di mulut ini mudah didapatkan. Yuk langsung saja kita baca resepnya !

Red velvet yang kami maksud disini adalah sejenis kue yang biasanya terdiri dari dua atau lebih lapis cake berwarna merah menyala atau orang biasa menyebutnya merah maroon dengan dilapisi krim keju yang tebal. Biasanya dijadikan hidangan penutup bagi orang Amerika.



Resep Kue Red Velvet Kukus
Ilustrasi Cake Red Velvet Kukus

Berhubung sekarang pada nyandu sama yang namanya red velvet, sampai-sampai iklan di televisi pun lagi gencar-gencarnya muncul es krim dengan rasa red velvet, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan berbagi mengenai resep si kue yang bertekstur lembut, dan velvety yang menjadi ciri khas cake ini. Membayangkannya saja jadi ngiler sendiri kan? Bagaimana jika kita menikmatinya iya bund, wow so delicious :). Gaya ala penikmat kue :D


Nama lain dari kue ini adalah Devil's Food Cake, nama ini memang cocok sekali menjadi sebutan untuk kue yang bercita rasa dan tekstur cake yang padat namun tetap lembut di mulut :). Keistimewaan red velvet cake adalah sensasi rasa cakenya yang berbeda. Selain itu hal istimewa lain yang menjadi pembeda dengan cake lain adalah olesan krim keju disekeliling cake, yang biasanya hanya menggunakan olesan krim putih telur pada kue.


Mendengar namanya saja udah bikin ngiler pake banget iya bund :) apa lagi menikmatinya, wah bisa-bisa ngetes.. tes.. tes. iya :D. Hahaha. Oke deh daripada nanti ke bawa mimpi pingin banget menikmati red velvet cake, mending bagaimana kalau kita membuatnya sesegera mungkin? Cuss ke pasar membeli bahan-bahan yang di butuhkan :)


Mengenai bahan yang di butuhkan dan cara membuat yang paling mudah ada di bawah ini, kita simak yuk :)



Resep Cake Red Velvet Kukus


Waktu yang diperlukan :

  • 20 menit untuk mempersiapkan
  • 30-40 menit untuk memasak

Peralatan yang dibutuhkan :
  • Wadah
  • Timbangan
  • Sendok teh
  • Sendok makan
  • Ayakan
  • Loyang kotak 23x23x10 cm
  • Pengukus
  • Kain untuk menutup tutup pengukus

Bahan A :

  • 200 gram bit merah
  • 250 ml air
Ads by google:
Bahan B :
  • 4 butir telur ukuran sedang
  • 100 gram susu cair
  • 25 gram krim kental, bisa menggunakan dairy dan non dairy cream
  • 1 buah jeruk lemon, peras airnya

Bahan C :
  • 220 gram mentega/butter
  • 200 gram margarine
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok teh vanila ekstrak
  • 1 sendok makan pasta pewarna merah

Bahan D ( kita bisa ayak jadi satu) :
  • 400 gram tepung terigu protein rendah
  • 35 gram coklat bubuk,
  • 20 gram susu bubuk
  • 1 sendok teh baking powder double acting
  • ½ sendok teh garam

Topping cream cheese:
  • 250 gram cream cheese, biarkan cream cheese disuhu ruang agar lembut jika cream cheese terlalu kaku dan keras
  • 100 gram mentega, suhu ruang
  • 150 gram gula halus (kita bisa menghaluskan gula pasir dengan blender)
  • 100 gram krim kental pilih yang non dairy cream
  • 1 sendok teh vanilla ekstrak
  • 1 sendok teh rhum essence (optional)

Sedikit tips untuk membuat Red Velvet Cake :
  1. Oh iya, bunda harus memotong kertas lebih panjang dibandingkan loyang sehingga ada bagian kertas yang masih keluar dari dalam loyang, sisa kertas ini nanti akan digunakan sebagai pegangan dan memudahkan kita saat akan mengeluarkan cake dari loyang.
  2. Untuk membuat bubur bit, kita bisa mengambil setengah dari bahan mentah yang akan kita gunakan. Karena nantinya kita hanya memerlukan 70 gram dari bubur bit.
  3. Porsi adonan sangat banyak, pekat dan kental. Ada kemungkinan nanti adonan akan naik ke gagang pengocok. Jadi bunda bisa mengantisipasinya terlebih dahulu.
  4. Nah untuk bunda yang hanya memiliki satu loyang, sebaiknya kita menggunakan baking powder double acting maka cara ini bisa dilakukan, karena baking powder jenis ini bereaksi ketika adonan dipanaskan. Berbeda saat kita menggunakan baking powder single acting sebaiknya cake langsung di kukus/dipanggang dan jangan menunggu terlalu lama.
  5. Tutup pengukus sebaiknya dilapisi kain, supaya tidak ada uap air yang jatuh sehingga kue yang dihasilkan lebih sempurna.
  6. Cake sebaiknya benar-benar dingin, kita bisa masukkan ke dalam kulkas, suhu dingin membuat cake menjadi padat dan tidak mudah hancur saat dikeluarkan dari dalam loyang.
  7. Kesabaran kita akan diuji nih bunda bagi yang hanya memiliki satu loyang,  soalnya kalau kita tidak sabar menunggu sampai dingin akan  membuat cake menjadi retak dan remah saat dipaksa keluar loyang dengan kondisinya yang masih hangat.

1. Cara Membuat Red Velvet Cake :
  1. Pertama kita siapkan loyang, olesi permukaannya dengan margarine. Taburi bagian sisi-sisi loyang dengan tepung. Kemudian alasi bagian dasar loyang dengan kertas baking, olesi permukaan kertas dengan margarine.
  2. Siapkan kukusan, kemudian beri air yang banyak dan panaskan hingga mendidih.
  3. Rebus bit dan air hingga bit menjadi lunak dan matang. Kemudian masukkan bit ke dalam blender, untuk menghaluskannya. Sisihkan hingga bubur bit menjadi benar-benar dingin. Ambil 70 gram adonan bit untuk membuat cake, kita hanya memerlukan 70 gram saja.
  4. Siapkan wadah besar, masukkan mentega, margarine dan gula pasir, kocok dengan kecepatan rendah hingga adonan tercampur rata, kemudian naikkan kecepatan mixer menjadi sedang dan kocok hingga mentega dan margarine berubah warna menjadi putih, mengembang dan pekat.
  5. Nah kita bisa melihat mentega dan margarine yang tadinya padat dan tidak terlalu banyak volumenya, berubah menjadi kembang dan ringan. Untuk kecepatan mixer, tergantung dengan yang ada di rumah masing-masing iya bunda :).
  6. Ketika adonan sudah mengembang (proses ini membutuhkan waktu sekitar 10 - 15 menit), masukkan pasta warna dan kemudian kocok lagi hingga perwarna tercampur baik. Matikan mixer.
  7. Dalam mangkuk terpisah, masukkan bahan B yang terdiri dari telur, 70 gram bubur bit, susu cair, air jeruk lemon dan krim kental. Aduk hingga rata.
  8. Hidupkan mixer, lalu kita gunakan kecepatan paling rendah. Masukkan larutan telur dan ayakan tepung terigu secara bergantian. Untuk mempermudah, kita bisa menggunakan sendok sayur untuk memasukkannya, sambil adonan terus dikocok hingga tercampur baik.
  9. Kocok hingga adonan tercampur rata, setelahnya matikan mixer. Bagi adonan menjadi 3 bagian, masing-masing seberat 500 gram. Masukkan masing-masing bagian adonan ke dalam loyang.
  10. Kukus cake selama 30 menit.
  11. Jika cake telah matang (kita bisa memastikannya dengan menggunakan tusuk gigi)  keluarkan dari kukusan dan biarkan hingga benar-benar dingin di dalam loyang.  Kemudian angkat kertas baking yang menjulur keluar loyang dan balikkan cake, lepaskan kertas dengan hati-hati.
  12. Lakukan untuk semua adonan cake iya bunda :)

2. Saatnya membuat topping cream cheese :D
  1. Masukkan cream cheese ke dalam wadah, kocok dengan kecepatan sedang hingga menjadi adonan yang lembut. Tambahkan mentega, gula bubuk, vanila, rhum, dan krim kental, kemudian kocok hingga menjadi adonan yang kental.
  2. Adonan yang terbentuk pekat, kental dan mudah untuk disapukan ke cake.
  3. Jika adonan cream cheese sudah jadi, letakkan selapis cake di wadah datar, lapisi dengan topping cream cheese merata ke seluruh permukaan cake. Tumpukkan cake berikutnya, lapisi kembali dengan cream cheese, terakhir tumpukkan lapisan cake ketiga dan lapisi seluruh permukaan cake dengan cream cheese.
  4. Saatnya bunda berkreasi nih untuk menghias cake, semakin cantik menghias tentunya ayah maupun si buah hati akan tertarik untuk segera menyantapnya :)
  5. Masukkan cake ke dalam kulkas, biarkan hingga cream cheese mengeras. Potong-potong cake sesuai keinginan.  Cake siap disantap bersama keluarga tercinta :)

Ketika bunda yakin mampu untuk membuat sebuah hidangan special, maka saat itu nanti bunda akan berhasil membuatnya :). Tidak ada yang gagal bunda, tapi yang ada hanya belajar :). Yuk coba juga membuat Choco Moist Lembut !

Ayo dong bunda, segera yuk kita mencoba resep kue Red Velvet nya. Kapan lagi menikmati sebuah kue special buatan kita sendiri untuk buah hati maupun keluarga tercinta.  Selamat mencoba di rumah :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?