Resep Kue Zebra Kukus yang Moist Banget di Mulut

Ads by google:
Kue zebra kukus adalah salah satu cake bolu lembut yang memang klasik sejak jaman dahulu ketika nenek moyang kita masih muda, hehe. Baca resepnya di bawah ini yuk !

Kue bolu ini bermotif cantik layaknya zebra, tapi cara membuatnya bukan dengan mengambil zebra cross terus dibikin kue lho iya :D . Melainkan dihasilkan dengan cara menuangkan adonan dua warna secara bergantian dalam satu titik yang sama yaitu pas ditengah-tengah dalam sebuah Loyang.


Resep Kue Zebra Kukus Lembut
Ilustrasi Kue Zebra Kukus

Nah.. untuk bunda, sista atau siapa pun pecinta kue, cake zebra kukus ini boleh dicoba. Selain rasanya yang moist, ringan dan tentunya manis sangat cocok dijadikan bekal ketika si buah hati sekolah maupun ayah yang sedang bekerja.

Untuk bahan pembuatannya mudah sekali didapatkan dipasaran. Meski itu pasar tradisional sekali pun. Yang belum punya oven canggih trends sekarang, cielah gayanya :D juga bisa kok mencoba membuatnya di rumah. Karena kita kali ini membuat cake zebra versi kukus. Jadi masih bisa menggunakan pengukus yang biasanya kita gunakan untuk menanak nasi :)

Lebih jelasnya kita intip resep cara membuat zebra cake kukus di bawah ini yuk :)
Ads by google:
Waktu Membuat Kue :
  • 15 menit untuk persiapan
  • 30-40 menit untuk memasak

Peralatan yang Digunakan :
  • Wadah
  • Timbangan
  • Sendok teh
  • Sendok makan
  • Loyang bulat ukuran 20 cm
  • Pengukus
  • Kain penutup kukusan

Bahan Kue Zebra Kukus :
  • 6 butir telur ayam
  • 100 gram margarin, dicairkan
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sendok teh cake emulsifier/ovalet
  • 150 gram tepung terigu, ayak
  • 150 ml santan kental matang
  • 1 sendok makan cokelat bubuk
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh vanili bubuk

Sedikit Tips dalam Membuat Kue Zebra Kukus :
  • Pastikan telur dan emulsifiernya dalam kedaan bagus iya dalam artian berkualitas , supaya adonannya nanti benar-benar mengembang dan kental.
  • Sebaiknya barang kering diayak terlebih dahulu supaya hasil cakenya nanti benar-benar lembut.
  • Loyang yang disarankan adalah Loyang bulat ukuran 20 cm, supaya hasil zebra cake lebih cantik, tapi sebenarnya juga bisa menggunakan Loyang kotak namun nanti hasil motifnya berbeda tidak secantik ketika menggunakan loyang bulat.Ketika bunda mengocok adonan cake ini usahakan harus sampai benar-benar kental dan mengkilat adonannya iya :). Jika nanti yang terjadi adonan cair kemungkinan mengocok adonannya belum terlalu kental dan creamy sehingga ketika ditambahkan margarin dan santan jadi turun lagi adonannya.
  • Sebenarnya kita juga bisa menggunakan coklat pasta, agar adonannya tidak terlalu berat. Cara mencampurnya juga harus cepat dan rata sehingga adonan coklat tidak turun meresap ke adonan putih. Hal itu dilakukan agar motif si cake zebra bisa terbentuk dengan cantik layaknya kulit zebra asli. Akan tetapi, memakai coklat bubuk akan menghasilkan rasa yang lebih maknyus, top markotop :D.
  • Oh iya, jangan lupa melapisi penutup kukusan menggunakan kain, supaya kue tidak bantat terkena uap air.

Cara Membuat Kue Bolu Zebra Kukus :
  1. Panaskan pengukus di atas api sedang. Olesi Loyang menggunakan margarin dan ditaburi sedikit tepung supaya adonan nanti tidak lengket.
  2. Ambil wadah, kemudian masukkan telur, gula, cake emulsifier,  kocok sebentar. Masukkan tepung terigu, vanili bubuk, baking powder, margarin  dan santan aduk terus sampai adonan rata. Atau kita bisa mencampur semua bahan menjadi satu dan di aduk merata.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian yang sama, atau kita juga bisa menimbangnya untuk hasil yang pasti. Tambahkan cokelat bubuk pada satu bagian adonan, aduk hingga rata.
  4. Untuk menuang adonan ke dalam Loyang ukuran 20cm, memerlukan ketelatenan kita iya bunda :). Yaitu dengan cara tuang adonan warna putih tepat di tengah-tengah loyang tumpuk dengan adonan warna cokelat dititik yang sama. Adonan tidak perlu diratakan di Loyang iya, karena adonan cake ini lebih ringan, nanti adonannya akan mengalir sendiri ke pinggir-pinggir loyang tanpa perlu diratakan iya bunda :)
  5. Kukus adonan ke dalam pengukus selama 30 menit, untuk memastikan cake sudah matang kita bisa cek menggunakan lidi iya, jika lidi bersih tanpa ada yang menempel itu tandanya cake telah matang
Next, kita buat kue bolu lembut yang lain dengan resep di bawah ini yuk bund !
  1. Resep Bolu Kukus Mekar Sempurna yang Warna-Warni
  2. Resep Kue Brownies Coklat Keju Super Lembut
  3. Resep Kue Karamel Bertekstur Seperti "Sarang Semut" yang Lembut

Bagaimana bunda? Mudah bukan cara membuat zebra cakenya?. Nah jika si buah hati menyukai hewan yang berwarna cantik yaitu zebra, saatnya bunda berkreasi dengan resep di atas dan menciptakan motif zebra dalam bentuk cake iya :) Selamat mencoba dan menikmati hasil karya :)
Ads by google:
8 Komentar

Disebut di atas,mengocoknya sampe kental /creamy,tapi di cara buat di sebut telur,Gula,emulsifier dikocok sebentar,mana yg bener mbak?krn u sampe kental dan creamy membutuhkan waktu beberapa saat

dikocok sebentar dalam artian antara 10-15 menit mba. Yakni kocokan telur, gula, dan emulsifiernya sampai kental, berwarna putih. Nah, untuk kecepatan mixernya disarankan pada angka 3. ^_^

Utk menuang adonan itu selang seling sprt kue lapis atw satu adonan smp hbis br adonan coklat ? Soalnya kl dlht dr gambar hslnya sprt membuat kue lapis..

Menuang adonannya selang seling bunda. Iya, seperti ketika membuat kue lapis. Namun bedanya, kalau kue lapis kita tuang adonan warna putih, kemudian dikukus kurang lebih 5-10 menit, kemudian baru menuang adonan warna lain, lalu kukus kembali. Kalau Zebra Cake, tuang secara selang seling sampai adonan habis, baru deh kita kukus. Nah, untuk pengukusannya cuman sekali saja.

Saya gagal buat kue zebra ni sista hikzz hikzz.. Wktu pengocokan dah memgembang eh waktu d campur santan adonannya jadi turun cair sist.. Welehhh jadi gitu deh bantat, tp rasanya lumayan sih hihiii

Usahakan pemberian santannya setelah bahan lainnya dimasukkan. Bukan setelah pengocokan bahan.

Bolu Zebra saya sukses, langsung bikin 2 kali...enak dan lembut. Saya pakai susu danc@@...

Waaahhh.. Selamat bund Ferry :). Emmm, ayo dong bund dishare pengalamannya. Biar nanti saya post di sini. Atau bunda post di blog bunda :)

Yuk coba resep kreasi saya yang lainnya :) !

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?