Resep Cara Membuat Kue Jala yang Mudah Dibuat

Ads by google:
Belajar resep dan cara membuat roti jala yang selalu memancing kita untuk menikmatinya yuk bunda :D. Caranya simple banget kok ditambah bentuk rotinya yang aduhai seperti jaring pasti deh makin semangat untuk membuatnya sendiri :)

Roti atau kue jala merupakan salah satu makanan yang berasal dari Riau, tepatnya sih di Tanjungpinang. Namun, sebenarnya asal usul munculnya roti jenis ini adalah dari India, dan lebih dikenal dengan sebutan roti prata, dan biasanya disajikan dengan kuah kari.


Resep Cara Membuat Kue Jala
Ilustrasi Roti Jala

Selain di India makanan ini juga menjadi kegemaran di Malaysia, dan juga di negara-negara ASEAN. Soal nama, mungkin bunda akan bertanya kenapa kue ini bernamakan kue jala iya? Hehe. Nama itu tentunya diambil karena bentuknya yang mirip jaring jala yang digunakan untuk menangkap ikan.

Untuk mendapatkan kue jala, bunda sebenarnya tidak perlu risau, karena di Indonesia sendiri sudah dapat kita temukan di sejumlah restoran yang ada, dan sudah pasti setiap restoran atau rumah makan yang menyediakan menu masakan tersebut memiliki penyajian yang berbeda-beda. Iya para cheff berkreasi dengan imajinasinya masing-masing deh :)
Ads by google:
Biasanya kue jala ini menjadi pilihan pada perayaan istimewa dan dihidangkan dengan kari atau gulai ayam atau daging. Makanan ini pun mirip dengan Crepes garing, rasanya asin dan gurih. Dan juga sebelum dibentuk hampir mirip dengan Kue cubit laba-laba

Nah untuk bunda yang ingin mendapatkan ciri khas rasa dari kue tersebut, cara membuat masakan ini terbilang begitu mudah, begitu pula dengan bahan-bahan yang akan kita gunakan sangat mudah dijumpai dimana pun. Dari tadi hanya babibu pastinya para bunda di rumah cukup penasaran dengan yang namanya roti atau kue jala kan? , karena bentuknya yang terdengar unik dan menawan. Langsung kita simak resepnya di bawah ini yuk :


Resep Kue atau Roti Jala Praktis


Waktu pembuatan kue :
  • 15 menit untuk persiapan
  • 30 menit untuk memasak

Peralatan yang dibutuhkan :
  • Wadah
  • Sendok teh
  • Spatula / ballon whisk
  • Wadah bercorong
  • Saringan

Bahan dan cara membuat Kue Jala

Bahan :
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • ½  sendok teh garam
  • 2 butir telur ayam
  • 300 ml santan
  • 1 sendok makan margarin

Sedikit Tips Membuat Kue Jala:
  • Ayaklah terlebih dahulu tepung terigu yang akan digunakan supaya bisa menghasilkan kue yang lembut.
  • Penyaringan diperlukan agar adonan saat di dadar tidak bergerindil, tentunya jauh lebih halus.

Cara membuat roti jala :
  1. Siapkan wadah ukuran sedang, masukkan tepung terigu, garam tambahkan santan aduk menggunakan spatula atau baloon whisk.
  2. Selanjutnya tuangkan telur ke dalam campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan menjadi adonan yang halus. Tambahkan margarin aduk kembali hingga rata.
  3. Saring adonan menggunakan saringan dengan lubang agak besar.
  4. Masukkan adonan ke dalam wadah bercorong (botol saus dengan ujung runcing panjang) atau menggunakan plastik segitiga.
  5. Siapkan wajan datar anti lengket, oleskan sedikit minyak atau margarin, panaskan dengan api kecil. Dadar adonan dengan bentuk menyilang atau kotak-kotak seperti jala.
  6. Biarkan adonan hingga matang, berwarna kuning keemasan. Tuangkan lembaran roti ke wadah datar (piring), lipat jadi empat kemudian lipat menjadi dua berbentuk segitiga. Atau lipat jadi dua dan gulung lembaran roti. Sesuai keinginan bunda di rumah.
  7. Lakukan hingga semua adonan habis. Sajikan roti jala dengan kari ayam.

Sebenarnya semua itu begitu mudah dilakukan kok bunda, mungkin belum ada keberanian untuk kita mencobanya betul? Tapi bunda perlu mencoba lho resep dan cara membuat roti jala ini :)

Selamat berkreasi bunda :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?