Resep Kue Odading Kenyal dan Lembut Khas Bandung

Ads by google:
Hmmm.. Empuknya kue odading lembut segera mendarat di mulut bunda :D, hehe mau..mau..mau? Yuk belajar langsung lewat resep kue khas Bandung yang ada di bawah ini :)

Baca Resep Kue Cubit Bandung yang lumer di mulut dan lagi nge-Hits di berbagai kota besar di Jawa juga yuk bud !

Kue odading merupakan nama makanan atau jajanan khas yang sudah cukup terkenal yaitu sejenis penganan yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur dan gula pasir. Makanan ini juga begitu populer di kalangan masyarakat tanah Pasundan. Teksturnya begitu empuk dan terasa manis. Apalagi harganya…  uchhh murah meriah merakyat bunda :).


Resep Kue Odading khas Bandung
Ilustrasi Kue Odading

Tahukah bunda jika si kue odading ini ternyata pernah memiliki "hubungan khusus" dengan sebuah keluarga Belanda di zaman dulu lho. Kok bisa? Bisa dong iya, hehe hal ini pernah diceritakan oleh Remy Sylado dalam sebuah tulisannya berjudul “ Disumpahi Pemuda: Satu Nusa Satu Bangsa Dua Languanges”.

Bahkan tak tanggung-tanggung, tulisan itu dipresentasikan Remy saat ia diangkat sebagai pembicara dalam Australian Association of Indonesian Language Educators Conference, yang diselenggarakan oleh Melbourne Institute of Asian Languages and Societies, University of Melbourne itu.

Singkat cerita pada suatu hari seorang putera seorang meneer (istilah untuk pejabat atau tuan tanah Belanda era kekuasaan Hindia Belanda) yang masih berusia anak-anak merajuk kepada sang ibundanya. Ia menginginkan jenis penganan yang dijajakan seorang anak kampung. Penasaran, sang ibu memanggil si penjual kue tersebut dan memintanya menunjujkkan kue yang kala itu masih ditutupi daun pisang.

Melihat kue itu, berkatalah sang bunda kepada anaknya, "O, dat ding?" Artinya, "O, barang itu?" menurut tulisan Remy dalam makalah yang dibacakannya pada Juli 2001 tersebut. Sejak itulah si kue berbentuk cantik, empuk dan terasa manis ini dinamakan kue odading.
Ads by google:
Sebenarnya di Indonesia, memang banyak sekali istilah yang asal muasalnya dari ungkapan mereka orang asing. kemungkinan, hal itu ada kaitannya dengan cerita sejarah negeri kita yang ratusan tahun telah dijajah orang-orang asing bunda.

Kembali ke kue odading iya bunda :), kue ini mirip sekali dengan Kue Bantal atau bolang-baling. Hanya ada sedikit perbedaan pada bahan pembuatannya. Kue bantal menggunakan soda kue dan amoniak sedangkan odading tidak. Namun teksture tetap sama, empuk dan bersahabat dengan mulut :)

Kue odading dengan bentuknya yang bulat agak kotak mini imut-imut makin memikat mata kita, seakan mengajak untuk segera menikmatinya kan bunda ? hehehe. Inilah kenapa si Kue odading sangat banyak disukai oleh semua orang terutama orang Bandung itu sendiri. Kue ini sangat cocok dinikmati pada saat sarapan pagi dan dipadukan dengan kopi atau teh hangat.

Bisa juga dijadikan pengganjal saat makan siang sebelum makanannya tersedia bunda :). Cara membuat kue odading hampir sama saat kita membuat kue bantal super empuk yang sebelumnya sudah pernah kita bagikan bunda. Langsung saja kita simak yuk :)


Resep Cara Membuat Kue Odading Kenyal dari Bandung


Waktu yang dibutuhkan :
  • 15 menit untuk mempersiapkan
  • 30 menit untuk memasak

Peralatan yang dibutuhkan :
  • Wadah
  • Sendok makan
  • Sendok teh
  • Wajan / penggorengan

Bahan Kue Odading :
  • 500 gram tepung terigu
  • 200 ml air hangat
  • 200 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sendok makan ragi instan
  • ½  sendok teh garam dapur halus
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Sedikit tips membuat kue odading :
  1. Keras empuknya kue ini sebenarnya bisa disesuaikan menurut selera bunda. Jika ingin kue lebih padat maka kurangi jumlah air yang dipakai untuk adonan, jika ingin adonan lebih lembek maka air bisa ditambahkan
  2. Lamanya mendiamkan adonan biasanya 30 menit hingga 1 jam tetapi jika kualitas
  3. raginya jelek bisa memakan waktu hingga 2 jam lamanya. Semakin lama mendiamkan adonan
  4. maka adonan bisa mengembang lebih baik tetapi jangan lebih dari 6 jam supaya tidak rusak 
  5. dan timbul bau tidak sedap dari adonan.
  6. Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas iya bunda, mulai dari bahan adonan sampai minyak untuk menggoreng.
  7. Saat menggoreng sebaiknya gunakan api sedang supaya matang merata. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari kue gosong diluar tapi mentah di dalam.

Cara Membuat Kue Odading :
  1. Ambil wadah, campurkan tepung terigu, ragi instan, garam dan gula pasir kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Kocoklah telur yang telah disiapkan sebelumnya dalam wadah yang berbeda jangan terlalu lama iya :). Lalu masukkan dalam campuran tepung tadi.
  3. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan sampai adonan benar-benar tercampur rata, pas, dan kalis
  4. Diamkan adonan dalam wadah tertutup kurang lebih 30 menit, sampai mengembang.
  5. Setelah adonan benar-benar mengembang, ambil sedikit adonan, bentuk bulat adonan dengan ukuran sesuai selera ( lakukan sampai selesai hingga adonan habis )
  6. Panaskan minyak diatas api sedang lalu goreng bulatan odading, tunggu sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan, angkat tiriskan
  7. Kue odading siap untuk dinikmati

Untuk menikmati si kue lembut ini lebih pas saat hangat-hangat ditemani secangkir kopi atau teh iya. Srruupp..mantep.

Yum.. yum.. bagaimana bunda, jadi ingin mencoba resep kue odading kan? Hehehehe. Melihat cara membuatnya yang begitu mudah dipraktekkan, tentu hati akan berontak deh :). Selamat berkarya :)

Selanjutnya, kita baca Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah yang Merekah Sempurna yuk bund!
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?