Resep Kue Kamir Khas Pemalang yang Lembut

Ads by google:
Resep kue kamir ini meskipun sedikit panjang, tapi jika kita praktikan sebenernya singkat kok. Hanya butuh waktu kurang dari satu jam untuk membuat selusin kue khas Pemalang ini.

Kue kamir atau sering juga dengan sebutan Khamir adalah makanan khas daerah Pemalang yang berasal dari tanah Arab bunda. Nah adonan atau bahan kue ini terbuat dari tepung terigu, mentega, dan telur, terkadang dicampur dengan bahan seperti pisang ambon atau tape.

Yuk baca resep kue kamir !
Ilustrasi Kue Kamir

Menurut cerita, orang pertama yang membuat kue kamir adalah seorang warga Arab yang tinggal di Kelurahan Mulyoharjo, dan dikenal juga dengan sebutan Kampung Arab. Nama kamir mungkin berasal dari kata khamer (bahasa Arab) yang berarti memabukan atau dari nama orang keturunan Arab itu sendiri.

Tetapi yang mendekati kemungkinan adalah nama Kamir berasal dari kata Khamir yang dalam bahasa Arab berarti ragi.

Sejauh ini kamir ternyata ada dua jenis lho, yaitu kamir yang berbahan tepung beras dan kamir dengan tepung terigu. Dipasaran kota Pemalang lebih banyak kamir terigu karena yang tahan lama sedangkan kamir beras hanya berdasarkan pesanan. Nama untuk si kue kamir yang terbuat dari tepung beras ini beberapa orang menyebutnya dengan nama Samir.

Kue ini berbentuk bulat pipih, iya menyerupai kue apem atau serabi hanya saja umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dan bantet. Sebenarnya ukuran kue ini juga bervariasi kok bunda, yang terbesar mencapai seukuran piring makan. Kue kamir biasanya dicetak dengan menggunakan cetakan khusus berupa loyang bulat yang memiliki beberapa lubang-lubang kecil dengan diameter sekitar 5 cm.

Yuk lihat juga resep kue kamir
Ilustrasi Cetakan Kue Kamir

Bentuk cetakan dari si kue kamir ini sebenarnya sama seperti cetakan kue lumpur atau carabikang iya bunda. Cetakan yang terbuat dari besi atau kuningan yang telah diolesi dengan margarine lantas diletakkan di atas api kompor hingga panas. Baru deh si adonan kue dituang, hehehe

Tapi buat bunda yang belum punya cetakan jangan berkecil hati iya. Ibarat kata memaksimalkan keterbatasan :), iya dalam artian bunda bisa kok memanfaatkan apa yang ada di dapur. Misalkan saja bunda bisa menggunakan pan dadar yang tersedia kok, secara sekilas kue kamir hampir mirip dengan Dorayaki Chocolate dan Kue Cubit.

Dari tadi kok iya ngomongin kue kamir yang makin bikin pingin aja iya bun.. Kapan nih resepnya, hehehe. Oke deh udah ada yang nda sabar nih menikmati buah karya bunda nanti :). Langsung aja kita intip yuk :)

Waktu yang dibutuhkan :
  • 15 menit untuk persiapan
  • 30 menit untuk membuat adonan

Peralatan yang dibutuhkan :
  • Wadah
  • Sendok makan
  • Sendok teh
  • Cetakan, jika tidak ada bisa menggunakan pan dadar

Resep Cara Membuat Kue Khamir

Ads by google:
Bahan yang dibutuhkan :
  • 350 gram tepung terigu protein tinggi atau serba guna 
  • 250 gram tape singkong
  • 100 gram pisang ambon (1 buah pisang)
  • 100 gram margarin, cairkan 
  • 1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
  • ½  sendok makan soda kue, cairkan dengan 2 sendok makan air
  • ½  sendok teh garam
  • 300 - 400 ml susu cair (bisa menggunakan air biasa)
  • Margarine atau minyak goreng untuk mengoles pan datar

Sedikit Tips Membuat Kue Kamir :
  1. Pemilihan tape juga sangat diperhatikan iya bunda, karena akan mempengaruhi cita rasa kuenya. Pilihlah yang segar iya bunda :)
  2. Secara keseluruhan membuat kue kamir sangat mudah kok bunda, poin terpenting adalah saat mencampur dan mengaduk adonan serta memperkirakan jumlah air/susu cair yang digunakan.
  3. Untuk bunda yang tidak memiliki cetakan, bisa juga kok dimasak dengan pan dadar, tapi ada tipsnya yaitu dengan menggunakan minyak yang banyak ke pan dadarnya sebelum adonan dituang iya.
  4. Selama proses pemanggangan atau penggorengan ini, kue disiram-siram dengan minyak panas sehingga mekar dan mengembang
  5. Nikmatnya.. adonan kue ini bisa dibuat semalam sebelumnya lho bun, artinya kue ini juga bisa didiamkan semalaman. Cocok bagi bunda jika menghidangkan kue ini di pagi hari saat libur akhir pekan.

Baca juga resep kue khas berikut ini :
  1. Resep Kue Lumpur Lapindo Lezat Melumer Di Mulut
  2. Resep Kue Odading Kenyal dan Lembut Khas Bandung

Cara Membuat Kue Kamir :
  1. Siapkan mangkuk besar, masukkan tape yang telah dibersihkan dari serat dan sumbunya.
  2. Tambahkan pisang dan gula pasir.
  3. Remas-remas menggunakan kelima jari tangan bunda iya hingga menjadi adonan yang halus. 
  4. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk perlahan dengan ujung-ujung jari hingga tercampur merata.  
  5. Masukkan garam, baking soda yang telah dicairkan, margarine cair yang telah dingin, dan telur kocok ke dalam adonan tepung.
  6. Tambahkan setengah dari porsi susu cair / air ke dalam adonan bunda, kemudian aduk adonan dengan jari-jari terbentang lurus (bukan menekuk), hingga tercampur rata.
  7. Tambahkan sisa susu cair / air sedikit demi sedikit hingga adonan memiliki kekentalan yang pas, jangan terlalu encer agar tidak luber kemana-mana saat dipanggang di teflon dan jangan terlalu pekat agar kue tidak keras dan bantet. 
  8. Pukul-pukul adonan dengan telapak dan jari-jari tangan, kira-kira 10 - 15 menit, hingga sesekali tampak gelembung udara besar terperangkap di dalamnya dan mengempis. Bunda bisa mengenalinya dari bunyi yang keluar atau dihasilkan dari adonan yang kental dan pekat. 
  9. Tutup mangkuk dengan kain bersih atau plastic wrap atau penutup apapun. Masukkan adonan ke dalam kulkas dan biarkan minimal 30 menit atau sampai semalaman. 
  10. Keluarkan adonan dari kulkas, lalu panaskan teflon atau cetakan kue kamir/cara bikang, jika ada. Olesi permukaannya menggunakan margarine. Tuangkan satu sendok sayur adonan kue ke atas penggorengan panas.
  11. Gunakan api kecil saja saat memanggang adonan. Panggang kue seperti membuat pancake.
  12. Ketika bagian dasar terlihat mengeras dan tampak gelembung-gelembung udara muncul di sekeliling kue (bersarang), balikkan kue dengan spatula dan masak sisi sebelahnya. 
  13. Jangan menekan kue dengan spatula, biarkan kue matang dengan sendirinya agar memiliki bentuk yang tebal. 
  14. Jika sisi sebelahnya telah matang, angkat dan lakukan hal yang sama hingga adonan habis. 

Porsi :
Resep ini biasanya untuk lebih kurang 20 buah kue kamir dengan diameter 5 - 7 cm.

Hayoo lho bunda saatnya mencoba membuat kue kamir di rumah. Selain untuk mencoba resep baru kita juga bisa memperkenalkan kue khas pemalang. Siapa lagi kalau bukan buah hati kita yang kan meneruskan cita rasa kuliner indonesia? Betul?

Selamat berkreasi :) Selanjutnya, Resep Empek-Empek Kapal Selam Palembang.
Ads by google:
1 Komentar

artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya. Terima kasih

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?