Update! Resep Kuping Gajah Empuk, Gurih dan Renyah

Ads by google:
Membuat kue kuping gajah renyah dibutuhkan resep yang pas. Selain itu, bunda harus memerhatikan tips cara membuatnya dengan seksama. Yuk baca dengan teliti apa yang kami sampaikan di bawah ini.

Kue tradisonal asli Indonesia ini biasanya bisa kita nikmati saat hari lebaran. Bentuknya yang unik mampu memikat mata kita untuk sekedar mencicipinya. Dan rasanya,,, hmmm nikmat plus khasnya lidah orang Indonesia banget deh :)

Resep Kue Kuping Gajah
Ilustrasi Kue Kuping Gajah

Mengenai asal muasal, sebenarnya belum tahu pasti kenapa kue kering ini diberi nama yang cukup unik. Akan tetapi, melihat dari bentuk fisiknya yang agak lebar, tipis dan juga bermotif menyerupai kuping salah satu hewan darat terbesar yaitu gajah, mungkin dari situ lah penamaan itu berasal.

Selain kue kuping gajah, ada beberapa nama kue yang unik. Diantaranya adalah kue cubit dan kue lumpur lapindo. Nah, jika bunda belum tahu dan penasaran ingin membuatnya, silakan baca :
  1. Resep Kue Cubit Enak, Empuk, Praktis dan Lumer di Mulut
  2. Resep Kue Lumpur Lapindo Lezat Melumer Di Mulut

Walaupun memiliki nama yang cukup menakutkan, namun bunda di rumah jangan beranggapan cemilan ini benar-benar terbuat dari kuping gajah lho iya. Hanya bentuknya saja yang seperti kuping gajah. Untuk bahan pembuatannya sama seperti ketika membuat kue kering yang lain yaitu tepung terigu.

Bukan hanya saat lebaran saja kita bisa menikmati kue kuping gajah. Kapanpun jika kita ingin menikmati kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang kami bagikan di bawah ini :). Seperti Resep Kue Kastengel yang pernah kami bagikan sebelumnya.
Ads by google:
Saat santai bersama dengan keluarga tercinta atau sewaktu menonton televisi kue kuping gajah bisa dijadikan camilan. Sensasi kriuk demi kriuknya akan makin terasa renyah, hmm pokoknya top markotop deh. :)

Sebenarnya juga banyak diluaran sana toko yang menjual kue unik ini, tapi mengingat begitu banyak para pedagang menambahkan bahan yang seharusnya tidak ditambahkan, tentu membuat kita berfikir ulang untuk membeli. Iya memang tidak semua pedagang melakukan hal yang sama, tapi untuk membuat sendiri di rumah tetap menjadi pilihan yang bijak bunda :)

Cara membuat kue kuping gajah umumnya begitu sederhana dan praktis. Selain itu alat dan bahan yang digunakan pun benar-benar mudah dijumpai. Sehingga tidak ada alasan untuk bunda ataupun sista tidak ingin mencobanya di rumah :).

Tak perlu lama, yuk kita siapkan bahan-bahan untuk membuatnya :)

Resep Kue Kuping Gajah yang Empuk, Renyah dan Gurih


Waktu yang diperlukan :
  • 15 menit untuk persiapan
  • 20 menit untuk membuat
  • 30 menit untuk menggoreng
  • 2 jam untuk proses pendiaman adonan

Peralatan yang dibutuhkan :
  • Wadah
  • Sendok makan
  • Sendok teh
  • Gilingan (bisa menggunakan botol kaca)

Bahan-Bahan Kue Kuping Gajah :
  • 300 gram tepung terigu, ayak
  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan mentega
  • 75 gram gula halus
  • ¼ sendok teh vanili
  • ½ sendok teh garam
  • 75 ml santan dari ½ butir kelapa, masak dan dinginkan
  • 1 ½ sdm coklat bubuk

Sedkit Tips dalam Membuat Kuping Gajah :
  1. Bunda jangan lupa iya diam kan adonan ke dalam lemari pendingin selama 2 jam sebelum di giling dan dibentuk.
  2. Untuk menghindari lapisan coklat dan lapisan putihnya terlepas saat menggoreng, bunda harus menekan kuat saat menggulung adoanannya. Selain itu gulungannya harus dilapisi air sedikit.
  3. Setelah matang jangan langsung dimasukkan ke dalam toples. Tunggu hingga kuenya dingin terlebih dahulu supaya tetap renyah dan empuk.

Cara Membuat Kue Kuping Gajah :
  1. Langkah pertama, ambil wadah terlebih dahulu lalu campur tepung terigu yang sudah di ayak, vanili, gula halus, berikan taburan garam secukupnya dan mentega kemudian aduk hingga merata.
  2. Masukkan telur lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit, uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket ditangan.
  3. Jika adonan telah kalis, pisahkan seperempat bagian adonan, berikan coklat bubuk dan aduk kemudian gilas adonan hingga pipih, begitu juga dengan adonan berwarna putih kekuningan.
  4. Selanjutnya letakkan adonan coklat diatas adonan putih kekuningan, tekan secara perlahan hingga kedua adonan ini melekat.
  5. Kemudian gulung hingga menjadi padat dan bentuk adonan menjadi silinder, simpan dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam hingga adonan mengeras.
  6. Setelah mengeras keluarkan dan potong-potong melintang tipis kemudian giling kembali hingga tipis.
  7. Siapkan minyak goreng panas dan goreng adonan hingga matang yaitu berwarna agak kecoklatan dan kering. Angkat dan tiriskan.

Untuk pendamping kue kuping gajah, bunda juga bisa mencoba membuat kue lebaran dengan resep di bawah ini :
  1. Resep Telur Gabus Gurih, dan Renyah 100%
  2. Resep Kue Pie Susu Enak, Lembut, dan Legit - New!
Bagaimana bunda? Mudah sekali kan cara membuatnya? Tidak ada salahnya jika mulai mencoba resep kue kuping gajah. iyahh tentunya nanti bisa dijadikan salah satu alternatife hidangan saat lebaran tiba. Selamat mencoba bunda :)
Ads by google:
2 Komentar

Gula halusnya gak digunakan?

maaf bund, kesalahan teknis. Gula halusnya dimasukkan bareng vanili :)

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?