Resep Sambel Pete Maknyus yang Disukai Mamah

Ads by google:
Assalamualaikum :).Sebulan lebih nda mencurahkan isi hati di sini rasanya itu kayak jerawat yang mau keluar, ahihi.

Kangen sangat..... singkat cerita akhir-akhir ini lagi ada acara sendiri mulai dari pergi ke rumah temennya mba yang ada di Mrangggen Semarang, dan disusul beberapa hari kemudian ke rumah mba yang di demak. Huh capeknya bisa ke bayang kan?? .

Yuk baca cara membuat sambel pete!
Ilustrasi Sambel Pete Enak

Sesi curhatannya udahan duluh ahh... ceritanya kan mau masak nih :) . Hmm.. ngomong-ngomong sekarang lagi musim pete nih, Alhamdulillah di belakang rumah ada tuh pohon pete lumayan besar tapi buahnya banyak banget, sampe dibagi-bagiin ke tetangga. Iyah,,, nda kuat kalau harus di maem sendiri, bijinya aja gede-gede.

Tadi pagi tiba-tiba pingin bikin sambel pete, tanpa pikir panjang... segera saja ngajakin mamah dan kakak buat ambil di pohonnya. Kakak dapet giliran buat ambil pete menggunakan galah ( dalam bahasa jawa “genter” ), mamah kasih aba-aba pete mana yang sudah tua, terus saya ngapain?? Seperti biasa... penonton gitu, sambil ketawa-ketawa.

Alhasil pete sudah ditangan deh... mantep banget.  Gede-gede yakin deh. Setiap 1 bilah ada sekitar 16 biji pete. Bisa bayangin kan betapa terpesonanya dengan si pete ini...hihihi. Eh ini ada pete yang nda terlalu tinggi jadi bisa diambil gambarnya.

Soal cara membuat sambal pete goreng, mamah jagoannya. Memanfaatkan situasi ahh... tapi bukan berarti lansung minta dibuatin lho iya. Minta resep rahasianya aja deh, walaupun konon katanya beda tangan beda rasa. Bismillah aja deh... memasaknya nanti pake bumbu perasaan penuh cinta, ckckckck.

Oke deh untuk waktu kita hanya butuh sekitar 15 menit saja :)

Bahan yang diperlukan juga sangat gampang di dapat kok, diantaranya :
  • 10 biji cabai merah
  • 10 biji cabai hijau
  • 2 biji bawang merah
  • 1 biji tomat ukuran besar
  • 1 sendok teh terasi
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Pete secukupnya  (ini yang paling penting)
  • Minyak untuk menumis

Sedikit tips dari mamah ketika menumis sambal sebaiknya di beri air secukupnya, biar bumbunya menyatu sempurna.

Yuk baca :
  1. Resep Nasi Goreng Sederhana Kesukaan Anak-Anak
  2. Resep Empek-Empek Kapal Selam Asli Palembang - New!

Bahannya mah simple banget, lanjut ke :
Ads by google:

Cara Membuat Sambel Goreng Pete :

  1. Semua bahan sambal kita ulek bu, jangan terlalu halus maupun kasar. Sedang-sedang saja gitu loohh.. soalnya apa? Citarasanya nanti pasti berbeda antara sambel halus, kasar, atau pas.
  2. Ambil biji petenya, kupas lalu pisahkan ari kulit arinya, potong menjadi dua bagian.
  3. Ambil wajan, masukkan minyak secukupnya tumis si sambalnya iya.
  4. Kurang lebih 2 menit tambahkan air, dan pete yang sudah dikupas.
  5. Matikan kompor ketika sambal sudah matang.
  6. Jadi deh semangkuk sambal pete.

Bunda mau mencoba resep sambel goreng pete di atas??  Sedep bener lho aroma khas dari si pete dan harumnya si sambal :). Selamat mencoba :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?