Resep Tahu Kribo Gurih yang Sangat Mudah Dibuat

Ads by google:
Assalamualaikum :). Tiba-tiba teringat akan Tahu kribo... harap dimaklumi iya, di pagi yang masih sejuk karena guyuran air hujan semalam yang dipikirin cuman camilan terus, hehehe. Alhamdulillah sekian lama musim kemarau, akhirnya hujan turun juga. walaupun semalam nda tau turunnya hujan jam berapa, saking pulesnya tidur :)

Tahu kribo ini rasanya unik untuk dicicipi, ada teksture krenyes-krenyes kriuk dari campuran tepung beras dan tapioka, ditambah perpaduan bumbu dapur yang pas menambah citarasa si tahu ini makin kuat.

Ilustrasi Tahu Kribo

Nah...Awal cerita kenapa membuat tahu kribo ini berasal dari kebingungan menentukan tema gorengan untuk lauk sekaligus camilan gitu, sedangkan di rumah hanya ada tahu nih, , “ buat apa iya? ” pikir saya kala itu, mau di goreng sreng... gitu aja kok kesannya biasa banget. Yang ada malah nda ada yang melirik :D.

Sampai akhirnya meminta petunjuk ke aneka olahan dari tahu, hehehe. Nemu deh resep tahu kribo . Dari namanya aja unik, pasti rasanya nanti pun akan jauh lebih unik lagi :). Untuk perbedaan tahu bentuk ini dengan yang lainnya sih dari cara pembuatannya bunda :).

Pertama kali membuat, namun hasilnya nda mengecewakan kok :) alhamdulillah iya :). Pada intinya mah kalau kita melakukan sesuatu terutama memasak dengan sepenuh hati, hasilnya juga akan penuh, penuh akan rasa nikmat, hehehe.

Yang tadinya tidak suka akan tahu, pasti deh mau mencoba memakannya, karena tertipu dengan tampilannya yang kribo kayak kan Qomar itu, hehehe apalagi ditambah perpaduan bumbu yang pas. Uhhh... mantap... bisa juga lho dicocolin ke saus sambal, atau mayo bila suka :).

Penasaran...??? hayoo...kita segera mempersiapkan bahan dan bumbu yang akan kita gunakan bunda :)

Resep Tahu Kribo Empuk dan Gurih


Waktu yang dibutuhkan
  • 10 menit persiapan
  • 20 menit mengoreng dan menyajikan

Peralatan yang dibutuhkan
  • Wadah
  • Penggorengan
  • Pisau
  • Piring saji

Bahan Tahu Kribo
  • 5 kotak tahu putih (saya beli dipasar seharga Rp. 2.000 )
  • 4 sendok makan tepung beras
  • 1 sendok teh tepung tapioka
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya ( karena di rumah adanya merica butiran saya pakai 1 sendok teh)
  • daun bawang diiris halus (sesuai selera)
  • air secukupnya saja
  • minyak untuk menggoreng

Sedikit Rahasia agar tahunya kribo :
  • Ketika menuangkan air ke adonan jangan terlalu banyak bunda  , dikira-kira saja. Soalnya nanti jika pemberian air terlalu banyak bukan lagi jadi tahu kribo, melainkan malah jadi perkedel tahu biasa, hehe.
  • Untuk teksture kribonya sudah mulai kelihatan saat masih jadi adonan bunda, bisa dicoba ketika disendok kaku dan tidak mbleber :)
  • Usahakan minyak untuk menggoreng banyak bunda, supaya adonan yang digoreng bisa tercelup semua. Tujuannya adalah gorengan bisa matang sempurna.
Ads by google:
Cara membuatnya tahu kribo seperti ini :
  1. Lumat tahu,gkalau kata keponakan saya sih “ remes-remes” hehehe, tapi tidak terlalu halus yaa bunda, cukup berpencar saja.
  2. Campurkan tahu, tepung beras dan tapioka, bawang putih, merica dan ketumbar yang sudah dihaluskan.
  3. Tambahkan garam sesuai selera dan daun bawang. Setelah semua bumbu dimasukkan, aduk rata adonannya .
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit, hentikan ketika adonan sudah seperti apa yang diharapkan :), yaitu  ketika disendok kaku.
  5. Supaya bumbunya meresap sempurna biasanya saya mendiamkan sekitar 5 menit.
  6. Setelah 5 menit sendoki dengan sendok makan (kira-kira ½ sendok makan) dan goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.
  7. Angkat dan tiriskan deh
  8. Si kribo siap disajikan dan dinikmati deh :)

Baca Juga :
  1. Resep Membuat Pisang Molen Keju Renyah dan Gurih
  2. Resep Combro Setan Pedas Sederhana Empuk dan Renyah

Cara yang begitu mudah, tentunya membuat bunda semakin gemes ingin segera mencobanya kan?? Hayooo bunda... untuk keluarga tercinta kita hidangkan sesuatu yang murah tapi kaya rasa, hehehe
Selamat berkarya ;)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?