Resep Wedang Uwuh Khas Yogyakarta yang Menyehatkan

Ads by google:
Wedang uwuh ... mendengar namanya  pasti sudah tidak asing lagi iya. Wedang ini adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah bunda tapi penampilan dan aromanya tak seperti sampah lho iya, lebih ke perumpamaan.

Kata wedang memiliki arti minuman  dalam bahasa Jawa, sedangkan uwuh berarti sampah. Eh tapi.. sekali lagi ini minuman bukan dibuat dari sampah rumah tangga iya bunda, hihihi. Nah  penyajian wedang uwuh ini selagi masih panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum.

Yuk baca cara membuat wedang uwuh khas Jogja !
Ilustrasi Wedang Uwuh

Rasa pedas khas banget keluar karena adanya bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya kayu secang, cengkeh yang bisa berhasiat sebagai perangsang (stimulan) . Nah.. wedang ini jua merupakan minuman khas yang berasal dari Yogyakarta.

Sedikit info aja nih bun yang belum tahu kayu secang itu apa, ini dia herba yang memiliki nama latin (Caesalpinia sappan) telah lama dikenal sebagai bahan ramuan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti sifilis, batuk darah, dan radang.

Penelitian yang dilakukan di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta juga mengungkapkan, secang memiliki kemampuan antioksidan, antikanker, memperlancar peredaran darah, dan melegakan pernapasan.

Selain kayu secang si cengkeh juga memiliki khasiat mengatasi sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, terlambat haid, rematik, campak, dan lain-lain.

Bunga cengkeh (Syzygium aromaticum) selain mengandung minyak atsiri, juga mengandung senyawa kimia yang disebut eugenol, asam oleanolat, asam galotanat, fenilin, karyofilin, resin dan gom.

Orang-orang terdahulu pada awalnya menyajikan wedang uwuh masih dalam bentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli, namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, maupun bentuk celup.

Jadi mah, tidak ada alasan lagi untuk menolak membuatnya sendiri di rumah, semua sudah disediakan, apalagi tinggal seduh gitu untuk yang kemasan instan, hehehe.

Ketika enggan menikmati karena alasan yang babibu,,, ingatlah akan manfaat lebih yang dihasilkan setelah meminumnya iya bunda :)

Langsung saja yuk, apa saja sih bahan-bahan yang dibutuhkan , jangan kemana-mana, tetap ada di bawah ini :

Resep Wedang Uwuh Kayu Secang


Bahan yang kita butuhkan :
  • 700 ml air.
  • 40 gram serutan kayu secang kering.
  • 50 gram gula batu atau gula pasir.
  • 6 cm jahe , memarkan.
  • 2 lembar daun kayu manis kering.
  • 3 lembar daun cengkeh kering.
  • 3 lembar daun pala kering.
  • 10 butir cengkeh atau batang cengkeh kering.
Ads by google:
Cara Membuat Wedang Uwuh khas Yogyakarta :
  1. Untuk menghasilkan aroma jahe yang kuat, bunda harus bakar jahe terlebih dahulu, lalu dimemarkan.
  2. Tuang air dalam panci. Masukkan jahe, cengkeh atau batang cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala, serutan kayu secang, jahe, dan gula batu.
  3. Masak dengan api sedang hingga mendidih.
  4. Rebus selama kurang lebih 15 menit.
  5. Angkat dan saring (Bisa juga dihidangkan tanpa disaring).
  6. Tuang ke dalam gelas, lalu hidangkan selagi hangat.


Caranya simple kan bunda :), mau mencoba silahkan ..., hihihi. Oh iya... warna air yang merah cerah terbentuk dari air seduhan secang iya bunda bukan darah, hihihi. Bau harum muncul dari aroma kayu manis. Rasa hangat-pedas terbentuk dari jahe dan dedaunan rempah lainnya.

Baca Juga :
  1. Resep Kue Carabikang Lembut Anti Lengket di Mulut
  2. Cara Membuat Combro Isi Tempe Empuk dan Renyah

Selamat berkarya iya bunda dengan resep yang tersedia dan menikmati segarnya wedang uwuh :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?