Resep Baby Fish Semur Ikan Mujair Gurih ala Bu Tania

Ads by google:
Selamat sore Bu, mau berbagi cerita ah soal resep masakan tadi pagi hasil dari kebingungan sesaat, hihi. Alhasil jadilah Baby Fish semur ala Bu Tania.

Beberapa hari malas rasanya pergi ke pasar, karena bikin dompet jebol. Jadi belanjanya cukup di ibu-ibu tukang ikan, udah hemat banyak varian lauk lagi :), hahaha.

Kenapa Disebut Baby Fish?
Kenapa saya menyebutnya baby fish? Itu karena ikan munjairnya kecil-kecil plus imut bikin gemes. Dan lagi harganya murah banget kok hanya 3ribu per bungkus daun jati. Soal ikannya segar atau nda? Sudah pasti masih segar iya, dijamin rasanya juga yum..yum..

Baby Fish Semur. Yuk baca resepnya di butania.com !
Baby fish semur ikan mujair

Olahan ikan yang wajib bunda coba :
  1. Resep Ikan Gurame Tepung Asam Manis

Oke deh langsung aja iya bu, seperti apa sih cara membuat baby fish semur yang lezat ini?

Pertama kita butuh peralatan :
  • Wadah
  • Pisau

Waktu memasak :
  • Soal waktu kira-kira 20 menit cukup

Resep Semur Bayi ikan Mujair yang Gurih


Bahan yang dibutuhkan :
  • 2 bungkus / 250gram baby fish
  • Jeruk lemon / nipis secukupnya

Bumbu untuk ikan goreng :
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa
  • 1cm kunyit
  • 1 siung bawang
  • 1 lembar daun jeruk purut
  • Ketumbar jika suka
Ads by google:
Bumbu untuk semur :
  • 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit hijau
  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt merica
  • 2 cm jahe
  • 3 sdm kecap manis
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt gula
  • Penyedap rasa jika suka
  • Minyak untuk menumis dan menggoreng

Tips Memasak Baby Fish dari BuTania.com
Nah ada tipsnya nih Bu, buat baby fishnya makin yummy :) ini dia :
  1. Setelah ikan dibersihkan dan dibuang kotoran yang ada di perut kemudian lumuri dengan jeruk lemon iya, untuk apa?? Iyap….menghilangkan bau amis :)
  2. Goreng ikannya agak garing iya, supaya tidak hancur nanti ikannya ketika diungkep.
  3. Nah… kalau ini saran dari mamah saya bu, setelah bumbu ditumis tuang air sekitar 2 sendok sayur dulu, kasih kecap baru ikannya. Katanya… biar kecapnya meresap dulu. Baru deh tambahkan air lagi secukupnya dan ungkep. 

Cara membuatnya seperti apa?? Ada di sini juga bu.

Cara Membuat Baby Fish Semur Lezat
  • Tahap pertama menggoreng ikan :
  1. Pertama mari kita bersihkan dulu si ikan imut, kalau orang jawa bilang “disisiki”. keluarkan semua kotoran yang ada diperutnya, cuci bersih.
  2. Kemudian lumuri ikan menggunakan perasan lemon tadi iya, tunggu kira-kira 15 menit .
  3. Lalu haluskan bumbu untuk ikan gorengnya.
  4. Setelah itu lumuri ikan menggunakan bumbu yang sudah dihaluskan.
  5. Tunggu sekitar 5 menit agar bumbu meresap.
  6. Siapkan minyak untuk menggoreng iya, goreng hingga kuning kecokelatan bu :)
  7. Angkat dan tiriskan iya:)
  • Langkah ke 2 membuat semurnya :
  1. Haluskan bumbu semur tadi bu, setelahnya panaskan minyak goreng.
  2. Tumis bumbu hingga keluar aroma harumnya iya.
  3. Tambahkan air sekitar 2 sendok sayur dulu dan masukkan kecap manis secukupnya.
  4. Setelah mendidih masukkan ikan yang sudah digoreng tadi, tunggu hingga bumbu dan kecap meresap.
  5. Nah ketika mau agak basah gitu barulah disini kita tambahkan air lagi secukupnya aja bu.
  6. Ungkep bentar, baru angkat deh.
  7. Nah… si imut baby fish semur gurih siap dinikmati deh.

Tak kalah lezatnya :
  1. Resep Ayam Cabe Ijo yang Praktis
  2. Resep Capcay Goreng Enak Sederhana - New!
Saran Penyajian :
Baby fish semur ini paling yummy kita nikmati selagi hangat terus pake nasi hangat, walah nikmatnya tak tertandingi deh.

Masih bertanya soal rasa?? Nda kalah tau,.. sama makanan resto bintang 5 bu :). Selain enak, kita juga bisa berhemat uang belanja lho..

Masih belum mau mencoba buat sendiri? Hmmm.. tapi saya yakin setelah membaca cara membuatnya dari atas sampai bawah pasti deh nanti nda bakal nolak membuatnya sendiri di rumah.

Selamat mencoba resep baby fish semur Bu :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?