Resep Martabak Telur Sederhana, Praktis dan Enak

Ads by google:
Bikin camilan martabak telur yuk :) Tentunya dengan resep dari Bu Tania. hehehe. Tenang, cara membuatnya sederhana kok.

Tau dong apa itu martabak bunda? salah satu jajanan yang biasanya dijual saat malam hari sepanjang pinggiran jalan. Pada umumnya martabak berisikan daging giling, telur dan bumbu khas penjualnya masing-masing :)

Untuk penyajian sih tergantung juga, tapi paling sering disajikan sewaktu masih hangat dengan acar atau lombok agar rasanya menjadi lebih mantap gitu.

Martabak Telur Sederhana. Yuk baca resepnya di butania.com
Ilustrasi martabak telur sederhana yang lezat

Berhubung Indonesia memliki beragam suku dan budaya, si martabak juga memiliki 2 macam lho. 2 macam itu ialah martabak manis (kalau masa kecil dulu saya menyebutnya “terang bulan” ) dan martabak telur.

Sekarang kita bahas cara membuat martabak telur dulu iya bund :). Sebuah masakan nikmat tentu membutuhkan sebuah proses iya, namun proses yang kita butuhkan sekarang nda ribet kok, alias mudah.

Oh iya... pernah nda bunda punya greget atau keinginan lah untuk membuat hidangan seperti martabak telur ini? Pasti ada dong iya, sembari menikmati gigit demi gigit martabak yang dibeli dari penjual pinggir jalan.

Maka dari itu bund, dengan senang hati saya akan berbagi resepnya yang sederhana dan praktis. Mulai dari bahan, cara membuat kulit martabak telur, isi, hingga jadilah sepotong makanan yang kita sukai ini, hehee.

Cocok nih buat Bunda yang memiliki waktu luang untuk belajar cara membuat makanan ini sendiri di rumah. Selain lebih berhemat, kita juga bisa mengkreasikan isian martabak telur yang akan kita buat bund.  Semua adalah pilihan iya bund, oke deh langsung ke resep iya :)

Resep Membuat Martabak Telur Sederhana dan Praktis


Bahan kulit martabak :
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • ½ sendok teh garam
  • 140 ml Air bersih atau secukupnya
  • 1 butir Telur ayam.
  • 50 gram minyak untuk campuran bahan adonan kulitnya.

Bahan untuk isian martabak :
  • 200-250 gram Daging sapi cincang kecil-kecil atau bisa juga menggunakan daging giling
  • 3-5 batang Daun bawang segar kualitas bagus. Cuci bersih sebelum digunakan dan iris halus.
  • 4 siung Bawang putih ukuran sedang,  kupas kulitnya lalu cincang halus
  • 1 buah Bawang bombay ukuran sedang, kupas kulitnya lalu iris halus untuk isi martabak.
  • 8 buah Bawang merah, kupas kulitnya lalu iris iris halus/rajang
  • Lada bubuk atau halus secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Bumbu penyedap rasa secukupnya.
  • 4 butir Telur bebek atau telur ayam
Ads by google:

Cara Membuat Martabak Telur Sederhana


A. Cara membuat kulit martabak :
  1. Ambil wadah ukuran sedang, masukkan tepung terigu protein sedang yang sudah dipersiapkan dan garam. Aduk sampai kedua bahan tercampur rata.
  2. Pecahkan sebutir telur dan masukkan ke adonan tepung diatas iya. Aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan tangan/diuleni sampai adonan menjadi kalis. Tambahkan air bila diperlukan.
  4. Bagi adonan menjadi 2 bagian lalu bentuk menjadi bulatan. Olesi bagian luar adonan dengan minyak lalu diamkan sebentar atau kurang lebih selama 10-13 menit.
  5. Lapisi bagian luar adonan kulit martabak dengan minyak lagi lalu taruh di baskom dan tutup dengan kain selama kurang lebih satu jam.

B. Cara membuat isi martabak  :
  1. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya.
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay yang sudah di rajang halus tadi. Aduk sebentar sampai tercium bau harum.
  3. Masukkan daging cincang atau daging giling yang sudah dipersiapkan ke dalamnya. Aduk semua bahan supaya tercampur rata sampai daging agak matang.
  4. Masukkan daun bawang dan lada bubuk , Aduk dan tumis lagi semua bahan sampai daging cincang matang.

C. Cara membuat martabak telur lengkap :
  1. Ambil satu adonan kulit dan pipihkan dengan cara menekan dengan telapak tangan agak memutar sampai adonan melebar.
  2. Pegang kedua ujung adonan kulit lalu putar dari kiri kekanan sampai adonan melebar lagi. Lakukan berulang sampai didapat lebar yang diinginkan dan adonan kulit martabak menjadi tipis.
  3. Ambil bahan isian martabak secukupnya atau kira kira setengah bagian. Masukkan ke dalam kocokan telur dan tambahkan garam dapur, bumbu penyedap rasa apabila suka, aduk sampai rata.
  4. Tuang isian martabak ke atas kulit martabaknya.
  5. Ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya sampai tertutup rata. Goreng martabak dan bolak balik sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Selanjuta yuk coba :
  1. Resep Empek-Empek Kapal Selam Asli Palembang
  2. Resep Tempe Mendoan Enak Gurih ala Bu Tania - New!

Mau mencoba di rumah kan bund?? Apalagi martabak telur memang camilan yang mendarah daging di kita iya. Udah ada resepnya juga diatas, pasti deh makin ada greget untuk mencoba iya kan??

Selamat berkreasi :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?