Resep Crispy Almond Cookies yang Mudah Dibuat

Ads by google:
Assalamualaikum :) Alhamdulillah iya masih dikasih nikmat sehat sehingga masih bisa terus berbagi resep crispy almond cookies untuk bunda di rumah.

Darinamanya aja udah ada kata almond iya, udah pasti dong nantinya kita akan menggunakan biji almond. :)

Klik gambar untuk membaca cara membuatnya
Ilustrasi Crispy Almond Cookies

Bunda tentu sudah tidak asing lagi iya dengan biji-bijian yang satu ini, hampir setiap kita membuat cake seperti brownies, selalu menggunakannya sebagai pelengkap.

Nah.. sejauh ini ketika kita menggunakan almond pernah nda sih berfikir apa manfaat yang kita peroleh ketika memakannya? Untuk itu sedikit saja nih bun bocoran manfaat almond yang saya kutip dari wikipedia untuk tubuh kita.

Manfaat Almond Diantaranya:
  • Mampu menurunkan kadar kolestrol jahat bund.
  • Walaupun memiliki kandungan gula didalamnya, namun bermanfaat untuk mengontrol kadar gula
  • Meninkatkan kinerja otak,
  • Melancarkan Pencernaan karena banyak mengandung serat,
  • Dan tentunya masih banyak lagi manfaat di dalamnya.

Ngomong-ngomong...  kembali lagi ke kue kering super tipis ini yuk bunda, ahihihi.

Soal bahan utama untuk membuat kue ini gampang banget ditemui dipasaran kok. Seperti putih telur, gula, tepung terigu dan mentega cair.

Nah kesempatan nih yang kemarin habis buat cake, putih telur yang belum dipakai bisa digunakan untuk membuat kue satu ini.

Untuk memberikan rasa dan aroma harum pada kue bisa menambahkan bahan lain seperti vanilla ekstrak dan parutan kulit jeruk orange atau lemon.

Nah si parutan kulit jeruk atau lemon juga mampu mengusir bau amis pada telur lho bun, mengingat komposisi utama kue ini terbuat dari putih telur.

Itu sekilas info mengenai bahan maupun cara pembuatannya iya bund, untuk lebih jelasnya kita simak di bawah ini :)

Waktu yang dibutuhkan:
Persiapan: 10 menit
Membuat kue : 40 menit
Total: 50 menit

Resep Kukis Almond Krispi


Bahan:

  • 2 butir putih telur, pilih telur dengan ukuran besar
  • 60 gram gula pasir 
  • seujung kuku garam
  • 25 gram tepung terigu protein rendah atau serba guna 
  • 15 gram tepung maizena (ayak jadi satu)
  • ½ sendok teh vanilla ekstrak  
  • ½ sendok teh parutan kulit jeruk orange
  • 30 gram mentega, lelehkan hingga cair
  • irisan kacang almond untuk hiasan secukupnya
  • keju cheddar parut (optional)
ads by google:
Sebelum membuat kita intip yuk sedikit tipsnya :

Tips Membuat Crispy Almond Cookies:

1. Adonan yang terbuat dari putih telur dan gula dengan sedikit tepung ini sangat lengket (seperti lem) sehingga proses pengolesan ke loyang merupakan kegiatan yang harus dilakukan dengan hati-hati.

2. Sebelum bunda memulai pastikan memiliki kertas baking dengan kualitas yang baik, biasanya kertas yang baik memiliki ukuran lebih tebal dan terdapat lapisan silicone di permukaannya sehingga terlihat seakan-akan kertas dilapisi oleh lilin.

Nah buat bunda yang akan membeli kertas baking di toko bahan kue, perhatikan baik-baik kertas yang dijual.

Biasanya berbentuk gulungan memanjang ukuran 1 x 1 m. Jika terlalu tipis dan ketika kita gunakan untuk memanggang kertas menjadi tembus pandang karena minyak maka kemungkinan kertas ini tidak bisa digunakan untuk membuat crispy almond cookies.

Alternatif lainnya adalah olesi kertas baking dengan margarine menggunakan kuas dan taburi tepung tipis-tipis sebelum digunakan untuk memanggang adonan kue ini.

3. Almond cookies ini sangat mudah menyerap kelembaban di sekitarnya, jadi pastikan setelah kue dingin segera masukkan ke dalam wadah rapat agar tetap renyah dan garing.
4. Oh iya bund... Kacang almond sangat mudah matang ketika dipanggang karena itu hati-hati saat memanggang dan segera keluarkan jika permukaan kacang mulai berubah warna.

5. Cara termudah untuk memisahkan putih telur dengan kuningnya adalah dengan memasukkan telur ke kulkas (chiller) hingga dingin. Kondisi dingin membuat telur mengental sehingga kuning telur tidak mudah pecah.

Cara membuat crispy almond cookies :

  1. Sebelum membuat adonan kita siapkan oven, atur di suhu 180'C panaskan kurang lebih 10 menit . Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Gunakan api bawah saja.
  2. Siapkan loyang datar untuk memanggang kue kering, alasi loyang dengan kertas baking, nah si kertas olesi menggunakan margarine dan taburi tepung tipis-tipis. Sisihkan.
  3. Tuangkan irisan kacang almond secukupnya di sebuah loyang tipis.
  4. Panggang di oven dengan suhu 170'C hingga permukaan kacang sedikit kecoklatan.
  5. Keluarkan dari oven dan dinginkan. 
  6. Siapkan wadah, masukkan putih telur, gula pasir dan garam, kocok dengan spatula balon hingga tercampur dan gula larut.
  7. Masukkan campuran tepung terigu dan maizena dengan cara diayak langsung di atas adonan.
  8. Aduk rata dengan spatula balon hingga tercampur rata. 
  9. Tambahkan mentega cair, vanilla ekstrak dan parutan kulit jeruk orange, aduk rata. Istirahatkan adonan selama 30 menit di suhu ruang.
  10. Setelah 30 menit berlalu, tuang 1 sendok teh adonan di permukaan kertas.
  11. Lebarkan adonan menggunakan punggung sendok makan hingga menjadi tipis, bulat dan lebar dengan diameter sekitar 6 cm.
  12. Adonan sangat lengket sehingga untuk mencegah kertas bergeser saat mencetak kue, pegang erat-erat kertas dengan tangan kiri. 
  13. Semakin tipis kue yang  dibuat maka teksturnya akan menjadi semakin renyah. 
  14. Lakukan sampai adonan habis :)
  15. Kemudian tata irisan almond panggang di permukaan kue, taburi keju cheddar parut menggunakan garpu kecil jika ingin menggunakan keju di atasnya. 
  16. Panggang kue selama 3 - 5 menit atau hingga permukaannya tampak mulai sedikit kecoklatan
  17. hingga benar-benar dingin agar kue keras.  

Mudah sekali kan bunda cara membuatnya :), yuk kita mencoba membuatnya untuk camilan nonton tv bareng keluarga :)

Jika bunda berniat jualan kue kering di bulan puasa nanti, resep di bawah ini wajib bunda baca.
  1. Resep Kue Nastar Keju Gurih
  2. Resep Kue Putri Salju Spesial
Ads by google:
2 Komentar

Budayakan menyertakan artikel sumber darimana anda mendapatkan resep dan artikelnya, sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras pembuat resep dan artikel asli.

Setuju!! Alhamdulillah selama saya mencurahkan pengalaman, tidak pernah copas full. Kebanyakan artikel resep di butania.com berdasarkan pengalaman pribadi, teman dan keluarga. Mungkin ada beberapa artikel yang hampir 50% copas karena alasan tertentu, tentunya kami cantumkan sumber yang relevan. Terima kasih untuk sarannya :)

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?