Resep Nasi Kuning Gurih dari Mamah yang Dihidangkan Pada Acara Penting

Ads by google:
Tiba-tiba aja pagi ini ingin rasanya membuat nasi uduk gurih yang berwarna kuning. Untung mamah tau resepnya dan jago kalau bikin kuliner Jawa asli.

Nda tau kenapa kangen aja sama aroma gurih santan yang keluar ketika tutup pengukus nasi dibuka, srebel gitu... hmm yummy. Jadi lapar.... hehehe

Resep Nasi Kuning bisa bunda baca di butania.com
Nasi Kuning Komplit

Apa itu Nasi Kuning ?
Nasi uduk kuning ini biasa disebut nasi kuning adalah makanan khas Indonesia, yang terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit, santan dan rempah-rempah. Hal inilah yang membuatnya memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih.

Biasanya si nasi gurih ini sering digunakan sebagai tumpeng. Disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia, yang biasa dinamai nasi kuning komplit.

Info mengenai nasi kuning yang unik
Konon katanya dalam tradisi Indonesia, warna kuning tersebut melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan.

Berbeda tempat maka beda pula tradisinya, di Bali warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Maka dari itu... nasi kuning itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan.

Eh tapi... tunggu dulu kok malah curhatnya panjang dan lebar iya, nda nemu-nemu resepnya dong. Tenang aja deh bund :) ada kok di bawah ini.

Peralatan yang kita perlukan:
  • Baskom
  • Pengukus

Bahan nasi kuning :

  • 500 gram beras yang berkualitas
  • 800-1000 ml air santan (Secukupnya)
  • 4 ruas jari kunyit (Kupas kulitnya lalu diparut halus)
  • 2 daun pandan
  • Garam secukupnya (Sesuaikan dengan selera bunda)

Bisa ditambahkan bila suka :
  • 3 lembar daun salam (dicuci bersih)
  • 1 batang serai (memarkan)

Lauk Pelengkap :

  • ayam goreng
  • tempe orek
  • telur dadar ( iris tipis )
  • kentang bumbu kuning
  • sambal

Sedikit Tips membuat nasi kuning nih bu :

Untuk menghasilkan nasi kuning yang pulen dan empuk. Sebelum dikukus direndam dulu dalam air kira-kira selama 1 jam atau semalaman

Cara Membuat Nasi Kuning :

  1. Cuci beras dengan air, tiriskan
  2. Campurkan parutan kunyit dengan 3 sendok makan air lalu aduk rata dan peras airnya sembari disaring, sisihkan sejenak
  3. Masak santan hingga mendidih, sisihkan.
  4. Kukus beras yang sudah dicuci bersih sampai setengah matang
  5. Angkat dan masukkan beras setengah matang kedalam baskom lalu tuang santan yang sudah dimasak tadi, air kunyit, garam yang dihaluskan, daun salam, batang serai dan daun pandan.
  6. Aduk beras dengan spatula sampai bumbu tercampur rata dan santan meresap dengan beras, aduk lagi hingga merata
  7. Kukus kembali beras yang sudah dibumbui sampai matang dan empuk kira-kira selama 20 menit
  8. Angkat dan sajikan nasi kuning dengan semua lauk pelengkap

Yuk baca juga :
  1. Resep Membuat Tempe Bacem Enak Khas Jawa ala Bu Tania

Yum... yum.. yum membayangkan si nasi kuning dengan rasa gurih khas Indonesia banget jadi kepingin ke dapur kan?? Mencoba membuatnya gitu... hehehe.

Cocok banget untuk sarapan si buah hati dengan beraneka ragam lauk, misalkan saja tempe mendoan. Selamat mencoba :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?