Resep Tempe Orek Gurih Simpel, Kurang Dari Setengah Jam Jadi

Ads by google:
Tempe... pelengkap makan ini nih nda pernah ketinggalan di meja makan setiap harinya. Hampa banget rasanya makan kalau nda ada tempe, lha wong emang dulu-dulu doyannya itu aja kok, apa nda ada lauk lain? Jawabannya sih ada. Cuman... iya itu tadi nda doyan. Hihihi

Pernah sih makan ikan, seperti ikan gurame asam manis kemarin tapi nda sebanyak ketika makan tempe, hehehe. Dulu mah sering banget ditakut-takuti kakak, kalau nanti kebanyakan makan tempe bisa jadi “budeg” (itu bahasa jawa kalau diartikan jadinya nda bisa mendengar gitu). Saya mah cuek.... tempe bukan lagi rasa kedelai, tapi empal daging...hahaha.

Buat sista di rumah jangan di tiru iya... kalau bisa setiap harinya tuh harus ada asupan lain yang masuk ke tubuh,  melalui makanan misalkan saja ayam lombok ijo kah, tahu kribo kah, atau bisa juga mencoba sayur asem kemarin. Tujuannya sih biar tubuh mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Klik gambar untuk membaca bahan, resep dan cara membuatnya
Ilustrasi Tempe Orek Gurih

Tentu bukanlah sebuah rahasia lagi iya bu,.. kalau tempe itu berasal dari kedelai yang kaya akan vitamin A, B, dan E, serta berbagai macam mineral yang baik bagi tubuh. Nah,,, tempe itu sendiri dipercaya banyak mengandung HDL, kolesterol yang ramah bagi pembuluh darah. Juga mengandung banyak serat yang tentunya bagus bagi pencernaan.

Penyajian tempe yang hanya di goreng sreng mungkin sudah biasa, kadang juga timbul rasa bosen lah iya.. kok gitu-gitu mulu. Tapi tenanglah kali ini kita akan membahas olahan dari tempe, seperti tempe orek dibawah ini. Kalau di tempat saya sih ini lebih terkenal dengan nama kering tempe sih,,, iyah maklum juga beda tempat beda pula penamaannya.

Ngomong-ngomong soal waktu memasaknya, walah cepet banget pokoknya,,, sangat praktis. Proses goreng tempe sreng gitu aja udah cepet iya bund, tapi orek tempe ini nanti malah jauh lebih cepat lagi. Kan proses memasaknya cuman 2 kali yaitu kala mengoreng tempe dan menumis saja iya,,, kalau goreng kan bisa berulang kali, hihihihi.

Buat yang penasaran resep maupun ingin memperdalam apa saja sih pemberian bumbu supaya masakannya terasa tep mantep, dan tidak “cemplang” , hayuk tetap setia membaca iya, semua ada dibawah ini :

Peralatan:
Wadah/ mangkuk
Pisau
Penggorengan

Waktu yang dibutuhkan:
Persiapan: 5 menit
Memasak: 20 menit
Total : 25 menit

Resep Orek Tempe


Bahan Orek Tempe:

  • 500 gram tempe, potong dadu, goreng ½ matang ( biasanya saya belinya 4 kotak kecil)
  • 150 gram udang segar ukuran kecil, buang kepalanya, cuci bersih ( bila suka)
  • 4 buah cabai hijau, iris serong
  • 4 buah cabai merah, iris serong
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
  • 50 ml air
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Sedikit Tips Untuk Menghasilkan Orek Tempe yang Maknyus :

  • Pilihlah tempe yang tidak berbau tajam, kondisi masih bagus dan tidak ada warna hitam disetiap bagiannya
  • Tempenya bisa dioreng terlebih dahulu, untuk mempercantik warna, tapi jangan sampai gosong iya menggorengnya

Cara Membuat Tempe Orek yang Nikmat :

  1. Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu iris hingga layu, masukkan udang, tumis hingga keluar aroma harum.
  2. Masukkan tempe yang sudah digoreng, tambahkan kecap manis dan air.
  3. Masak dalam api kecil hingga kecap meresap ke dalam tempe.
  4. Jadi deh... bisa disajikan selagi hangat.

Cukup singkat kan bund cara membuatnya, pasti deh mau mencoba memastikan sendiri senikmat apa sih kelezatan orek tempe ini ??  hasilnya.... hmmm pasti pengen mencoba lagi dikemudian harinya :)

Selamat mencoba dan menghasilkan orek tempe yang nikmat bunda :)

Olahan Seafood yang saya rekomendasikan. Jangan tunda lagi untuk membaca ya.
  1. Resep Udang Goreng Mentega, Olahan Seafood Termudah - New!
  2. Resep Ikan Mas Bumbu Kuning Santan Gurih Rumahan - New!
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?