Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah Beserta Tips Renyahnya

Ads by google:
Resep rempeyak kacang gurih ala bu tania
Rempeyek Kacang Gurih
Butania.com - Rempeyek apa peyek iya namanya? Itu lho bun gorengan yang dibuat dari tepung beras. Bentuknya tipis dan renyah  jadi kalau dimaem kriuk-kriuk gitu :), biasanya dipaduin sama kacang atau ikan teri :)

Kalau di tempat saya si namanya rempeyek :), hihihi tapi bukan kayak judul lagu lho iya :). Nah biasanya sih dijadiin pelengkap buat nasi pecel, gado-gado, soto ahh tapi lebih sering dijadiin camilan bun :). Kalau di rumah berapa toples pun akan ludes deh, wong pada suka :).

Walaupun perpaduan untuk membuat rempeyek begitu banyak seperti ikan teri, kacang hijau, tapi yang paling jadi favorite orang rumah sii rempeyek kacang tanahnya bun :). Lebih nendang katanya kalau buat camilan :), tapi itu semua kan iya tergantung selera juga iya, hehehe :).

Ceritanya mah, suami mulai aktif mainan laptop lagi sampe entah jam berapa ?, sukanya saya tidur duluan gitu. Tapi kasian juga sii sebenere, udah seharian kerja malamnya mainan laptop kok ditinggal tidur duluan mulu :) tapi apa daya mata tak sanggup lagi untuk terjaga, haha :)

Makanya jadi kefikiran buatin camilan lah, walaupun istri nda nemenin kalau ada camilan buatan istri kan seakan istri menemani gitu :), hehhe. Lha kok malah curhatnya ngelantur iya bund :).

Baiklah, berhubung ada stok kacang di lemari dapur dengan senang hati saya pun segera mencincangnya dan mengolah menjadi camilan yang kriuk-kriuk gitu :)

Bunda yang masih ragu ketika mau mencoba buat rempeyek kacang tanah, tenang aja nda usah khawatir resepnya bisa dilihat kok di bawah ini :)

Resep Rempeyek Kacang Tanah

Bahan yang dibutuhkan :
  • 100 gram kacang tanah
  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung tapioca
  • 50 ml larutan kapur sirih
  • 3 lembar daun jeruk
  • 200 ml air es

Bumbu yang dihaluskan :
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 4 biji kemiri
  • ½ sendok teh ketumbar
  • 3 lembar daun jeruk, iris halus
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Sedikit tips agar renyah bunda :
  • Pilihlah kacang yang terbaik, cuci bersih kemudian direndam tujuannya  mempermudah kita nanti saat diiris tipis. Soalnya pengalaman pertama bikin nda direndam dulu, eh ketika diiris si kacang terbang entah kemana , hehe
  • Penambahan daun jeruk untuk menguatkan rasa rempeyeknya bunda, biar lebih kuat aromanya
  • Saat menggoreng usahakan minyaknya banyak iya bun, sampai rempeyeknya tertutupi, tujuannya supaya rempeyek bisa benar-benar renyah dan kriuk gitu
  • Gunakan api yang stabil iya, jangan terlalu kecil maupun besar. Kalau terlalu kecil nanti rempeyeknya menyimpan banyak minyak, dan kalau apinya kebesaran bisa gosong rempeyeknya :)
  • Sesekali adonannya diaduk iya bun, biasanya kalau nda diaduk-aduk adonannya menggumpal di bawah gitu :)
Ads by google:
Cara membuat rempeyek kacang tanah :
  1. Pertama kita cuci bersih dahulu kacangnya dan di rendam kurang lebih 10 menitan, setelah itu diiris tipis bunda, sisihkan sebentar.
  2. Saatnya membuat bumbu, haluskan semua bumbu halusnya iya, sampai benar-benar halus.
  3. Setelah itu dalam wadah campur tepung beras dan tapioka, tambahkan bumbu, irisan daun jeruk dan air es aduk perlahan.
  4. Jangan lupa menambahkan larutan kapur sirih ke dalam adonan rempeyeknya, aduk rata kemudian test rasa deh.
  5. Jika rasa sudah pas, tambahkan kacang tanah yang sudah di iris-iris ke dalam adonan, aduk perlahan.
  6. Panaskan wajan yang di dalamnya sudah ada minyak, goreng rempeyek sampai di rasa matang iya :)
  7. Angkat dan tiriskan deh :)
  8. Tunggu sampai benar-benar dingin, baru deh dimasukkan toples :)

Hmm.. gampang dan cepat too bun bikin rempeyek kacangnya? Masih suka beli diluar daripada bikin sendiri? Kayaknya sii setelah membaca resep dan melihat prosesnya yang simple bakalan cepet-cepet bikin di rumah sendiri nih , iya kan?? Hehhe

Selamat mencoba bunda :). Coba juga resep mendoan gurih dari saya ya bund :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?