Resep Sate Kambing Empuk yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ads by google:
Yuk baca Resep Sate Kambing Empuk yang bisa bunda buat di rumah!

Menunya kambing lagi iya bunda, hehehe. Nda papa lah bahannya boleh sama tapi kan jenis masakannya beda iya :)

Berhubung stok daging kambing berlimpah di kulkas, hasil pembagian idul adha kemarin. Emang kalau nda buru-buru diolah kesegaran dagingnya bakal berkurang :).

Rame-rame bareng keluarga tadi sore acaranya nyate kambing :)

Mata jadi pedih karena asap, dan bau badan agak sangit-sangit syahdu jadinya, hahaha. Emang kok iyaa.. idul adha itu lebarannya semua orang. Gimana ngga?? Semua orang jadi menikmati rasanya daging kambing sampai bilang nda mau, nda mau *saking blengernya*.

Daging yang tadinya mahal jadi berasa murah banget, yang jadi mahal malah tempe lho.  Kenapa? pagi tadi niatnya mau bikin mendoan ehh malah nda ada yang jualan sama sekali, kan mahal iya :). Iya sudah deh.. diempet dulu maem mendoannya :D oh iya…yang mau resep mendoan juga bisa berkunjung ke Resep Termudah Membuat Mendoan yang Gurih.

Bau khas sate kambingnya masih terasa sampai malam, walah pokoknya yang tadinya ngempet-ngempet pingin maem sate tapi nda keturutan karena kesibukan masing-masing pasti tak melewatkan momen idul adha ini, yang udah pasti bakal memanfaatkan libur kerja untuk nyate bareng-bareng :), betul kan bunda ??hihihi

Udah-udah langsung ke cara membuat sate kambing aja yuk :), malah pingin bikin sate lagi nanti kalau ngebayangin :).

Resepnya bisa dilihat dibawah ini :

Resep Sate Kambing Empuk Istimewa


Bahan yang dibutuhkan :
  • ½  kg daging kambing 
  • 40 tusuk sate
  • 15 sendok makan kecap manis.
  • Mentega atau margarin secukupnya.

Bumbu untuk pencelupan sate:
  • 12 siung bawang merah, cincang
  • 1 sendok makan merica bubuk 
  • Nanas yang matang secukupnya untuk baluran daging
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Bahan pelengkap bumbu sate :
  • Kecap manis secukupnya.
  • 10-15 buah cabai rawit merah atau hijau
  • 10 siung bawang merah, diiris tipis
  • 2 buah tomat merah segar, dipotong tipis
  • Merica secukupnya
  • Sedikit penyedap
  • 2 buah jeruk purut, diiris menjadi beberapa bagian, kemudian gunakan airnya untuk campuran bumbu pelengkap.

Sedikit tips cara mengolah daging kambingnya bunda :

  • Pertama soal cara pemotongannya iya bunda,  hal yang terlihat sepele tapi jika salah memotongnya, akan membuat daging menjadi alot atau keras, apalagi untuk olahan sate. Potong daging memanjang searah serat, jika ingin memotong dadu harus berlawanan dengan arah serat.
  • Tusukkan potongan dadu dengan arah serat horizontal, agar daging tidak mudah lepas dari tusuk sate
  • Agar daging empuk, bisa menggunakan daun papaya caranya daging kambing yang masih utuh atau belum ditusuk, bungkus dengan daun papaya selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah cuci bersih daging kambing tersebut
  • Bisa juga menggunakan air kelapa, yaitu dengan merendam daging kambing dalam air kelapa, maka daging akan empuk dan bau prengusnya akan berkurang
  • Yang paling jitu mengunakan nanas bunda, terbukti membuat daging semakin empuk. Eh tapi jangan terlalu lama iya merendamnya :)
ads by google:

Cara membuat sate kambing:

  1. Iris tipis bawang merah terlebih dahulu, taruh di atas piring.
  2. Tambahkan kecap manis, merica bubuk dan garam, aduk hingga tercampur rata.
  3. Lumuri daging kambing dengan bumbu tersebut, diamkan sebentar supaya meresap.
  4. Sembari menunggu bumbu-nya meresap saatnya kita membuat bara api dari arang kayu.
  5. Bara api telah jadi, tusuk daging kambing yang telah di lumuri bumbu tadi satu persatu
  6. Olesi bakaran sate dengan margarin, kemudian bakar sate kambing hingga matang sambil di bolak-balik dan jangan lupa sesekalin dicelupkan ke sisa bumbu, angkat, letakkan pada piring deh :)
  7. Campur semua bahan pelengkap, air jeruk purut diperas sambil di teteskan ke sate
  8. Oke deh sate siap disajikan :)

Apalagi bersama nasi putih hangat, hmm yummy :) selamat makan dan menikamti resep baru iyaa :)

Yuk baca sekarang juga !
  1. Resep Martabak Telur Sederhana, Praktis dan Enak
  2. Ternyata Membuat Sirloin Steak itu Mudah, Yuk Baca Resepnya! - New!
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?