Ternyata Membuat Sirloin Steak itu Mudah, Yuk Baca Resepnya!

Ads by google:
Selamat hari raya Idul Adha Bunda, udah lupa berapa lama ngga berbagi resep tau-tau udah lebaran haji aja :), lebaran yang identik dengan pesta daging iyaa hehehe :), kali ini fokus ke sirloin steak aja dulu.

Setelah lebaran idul fitri kemarin di rumah super sibuk urus ini itu sampai nda sempet berbagi resep masakan harian deh. Tapi Alhamdulillah nikmat selalu Allah limpahkan kepada kita semua sehingga hari ini kita bisa berjumpa lagi , hehehe :)

Nda jauh-jauh deh menu masakan kali ini nda bakal bisa lepas dari daging Bun, siap-siap deh beberapa hari ke depan bahan dasarnya bakalan sama, daging lagi daging lagi :D

Tak apalah, meskipun kata orang bakalan blenger maem daging mulu, tapi eman juga kalau nda di masak kan :) toh nda bisa lama-lama ada di dalam kulkas :). Pinter-pinternya kita para bunda untuk mengolahnya dalam berbagai menu seperti Sirloin steak.

Kalau kali ini ingin membuat sirloin steak, itu karena satu rumah sukanya beda-beda. Suami suka banget sama sayur dan si anak sukanya daging, iyahh kalau badan lagi ngga fit kek gini mau masak 2 macam masakan juga bakalan ambrug :D.

Iyaah akhirnya cari jalan tengah aja deh, buat sirloin steak :)

Tak usah jauh-jauh ke restoran, yuk baca Resep Sirloin Steak di sini!
Sirloin Steak ala Bu Tania

Perpaduan daging panggang dan sayur yang dikukus kemudian disiram saus kental berwarna cokelat siap menggoyang liah deh pokoknya, hehe :)

Oh iya bunda, yang mau tau cara membuat sirloin steak untuk dicoba di rumah, ada dibawah iyaa. Resepnya udah cocok sama lidah saya yang masih ndeso, haahahaha :)

Bahan yang dibutuhkan :
  • 500 gram daging sapi bagian sirloin, iris melebar
  • 500 gram kentang, kupas dan potong memanjang
  • 2 buah wortel, kupas potong memanjang
  • 10 biji buncis, potong panjang 
  • ¼ kg kembang kol
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh bumbu kaldu ayam
Ads by google:
Bumbu saus steak special :
  • 2 buah tomat ukuran sedang, rebus, buang biji dan kulit kemudian cincang
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 7 siung bawang merah, cincang halus
  • 1 buah bawang Bombay , cincang halus
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok makan gula pasir
  • 1-2 sendok makan saus tiram
  • ½ sendok teh penyedap rasa 
  • Secukupnya saus tomat
  • 200 ml air
  • Margarin untuk menumis

Lanjut ke cara membuat sirloin steak iyaa bunda :)

  1. Saya lebih suka mengukus sayurannya dulu yang sudah dipotong-potong tadi, kan kalau udah ada dalam kukusan bisa sambil membuat yang lain, hehe cepet jadinya :). Mengukusnya sesuai selera iya.. kalau saya paling 5-10 menit aja, jadi sayurnya masih terasa krenyes-krenyes.
  2. Selanjutnya kita rendam daging yang udah diiris tadi,  ke dalam mangkuk yang udah ada campuran sedikit air, merica bubuk dan penyedap rasanya iya. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
  3. Sambil menunggu bumbu meresap kita buat saus spesialnya, hehehe. Panaskan penggorengan, masukkan mentega kemudian tumis bawang Bombay, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan sampai berbau harum dan matang :). 
  4. Masukkan tomat yang udah dicincang, tambahkan air dan bumbu lain seperti saus tiram, merica, garam, penyedap rasa dan gula pasir sampai mengental. Karena saya suka yang agak kental jadi ditambahkan sedikit maizena yang dicairkan air. Aduk , test rasa , dan tunggu sampai matang :)
  5. Tinggal memanggang daging aja deh, panaskan panggangan, oles margarin dan siap dipangngang, bolak balik sampai matang.
  6. Siap disajikan bunda :)

Untuk tips penyajiannya seperti ini :
  1. Susun dulu sayurnya seperti kentang kukus, buncis, wortel diatas piring, lalu letakkan steak yang udah dipanngang tadi. Barulah disiram saus special yang udah dibuat tadi. Dan bagi pecinta pedas, tambahkan aja saus sambal, pasti lebih mantap.
  2. Simple kan bun, cepet lagi cocok untuk hidangan kapan aja nih, mau siang malem atau kapanpun :)

Selamat berkreasi bunda dengan sirloin steaknya :)

Resep yang wajib bunda coba :
  1. Resep Sate Kambing Empuk yang Jarang Diketahui Banyak Orang - New!
  2. Resep Tahu Kribo Gurih yang Sangat Mudah Dibuat
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?