Resep Woku Telur, Udang dan Bakso serasa ayam, Yummy!!

Ads by google:
Pernah makan Ayam woku Bunda? pasti udah nda asing iya sama rasanya yang super duper yummy. Tapi karena kemarin sudah konsumsi ayam kali ini diganti deh, jadinya iya woku telur, udang dan Bakso :D

Pagi ini suami bangun lebih awal dari biasanya, setelah melihat meja kerja ternyata sudah mulai asyik dengan leptop :). Nda tega sii sebenere liat kayak gitu, tapi katamya ini untuk masa depan kita nanti :) iya sudah sebagai istri mah bisanya cuman mendoakan yang terbaik :)

Nah… karena salah satu yang bisa saya lakukan untuk suami adalah menghidangkan menu makanan untuknya, jadi semangat banget pagi ini. Buru-buru mandi dan nyari Ibu tukang sayur. Niatnya  dari rumah sih mau beli bahan yang bisa dibuat masakan istemewa, tapi nda ada bahan baru rupanya :)

Woku Telur,udang dan telur serasa ayam ala Butania
Woku Telur, Udang dan Bakso Ala Butania.com
Iyya akhirnya ketemu juga sama udang, bakso dan telur puyuh yang masih bingung mau dibuat apa. Mau dibikin semur juga kemarin habis masak manis, nda cocok. Nyari hape mau buat searching, baru keinget kalau nomor kuotanya dibawa suami semua, hihihi nasibmu nakk!!!

Nda mau buang-buang waktu, iyya udah deh timbul lah ide gimana kalau dibikin bumbu woku ajja, kayaknya bakalan nikmat :P ceritanya siih gantiin peran si ayam dengan udang, bakso dan telur gitu :D oh iya bunda yang mau resep ayam bakar silahkan klik disini iyya :)

Dan taraaaa.. apa yang terjadi?? Ternyata rasanya nda pernah bohong sama usaha untuk membuatnya lho… begitu menggoyang lidah dan banyak yang suka, Alhamdulillah iyya :)

Resepnya sudah saya tulis di bawah ini iya bund :)

Resep Woku Telur, Udang dan bakso

Bahan yang dibutuhkan :
  • 10 butir telur puyuh
  • 10 butir Bakso, potong menjadi  2 atau 4 bagian
  • Sebungkus udang ukuran sedang
  • 200 ml santan encer
  • 50 ml santan kental
  • Daun kemangi secukupnya

Bumbu yang digunakan :
  • 4 biji cabai merah
  • 7 biji cabai rawit hijau
  • 3 siung bawang putih
  • 4 biji bawang merah
  • ½ cm kunyit
  • ½ cm kencur
  • ½ cm lengkuas
  • 2 buah kemiri
  • 1 ruas Serai, geprek 
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap rasa ayam

Sedikit Tipsnya :
  • Pilihlah udang yang masih segar iya bund, soalnya akan mempengaruhi rasanya
  • Santan memang sengaja saya bedakan, karena hasil rasa nanti akan berbeda, dahulukan santan encer barulah nanti tambahkan santan kental, selain itu juga dapat menghindari santan menjadi pecah yang berakibat rasanya nda segurih biasanya.
  • Saat memasukkan kemangi usahakan 1 menit sebelum diangkat dari kompor atau matang, agar tidak pahit dan aromanya tetap terjaga
  • Lebih nikmat lagi kalau saat menghaluskan bumbu menggunakan ulekkan iyya, kata orang tua dulu sesuatu yang dibuat menggunakan tangan kita sendiri hasilnya akan jauh lebih nikmat karena mengulekknya pakai kasih saying, hahaha
Ads by google:
Cara membuat Woku Telur, udang dan Bakso :
  1. Pertama kita kukus dulu cabai, bawang merah dan bawang putihnya, supaya mempermudah kita saat pengulekkan
  2. Setelah dikukus, haluskan bersama kencur, kunyit, kemiri garam dan gula menggunakan ulekan iya bund.
  3. Kemudian tumis bumbu halusnya dengan menggunakan minyak, tambahkan lengkuas geprek, serai geprek dan tumis hinnga harum iya bund :)
  4. Setelah itu tuangkan santan encer, aduk sebentar tambahkan telur, udang dan baksonya. Aduk lagi hingga merata, dan tunggu hinnga bumbu meresap.
  5. Setelah itu barulah tambahkan santan kentalnya iya, aduk sebentar tambahkan penyedap rasa. Icip jika rasanya sudah pas dan mau dirasa matang, tambahkan daun kemangi segarnya aduk dua kali.
  6. Dan segera matikan kompor deh bunda :)
  7. Selesai…. Masakan siap dihidangkan deh ;)
Mudah, simple dan cepet iyya bund :) bisa nih dijadikan alternatif untuk buah hati yang nda suka ayam tapi pingin bumbu woku :) , oh iyya ngomong-ngomong soal ayam bunda juga bisa loh mencoba resep lain seperti :
Ayam bumbu cabai hijau
Semoga bermanfaat :) selamat berkarya :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?