Resep Soto Ayam Spesial dengan Jeruk Nipis

Ads by google:
Salam jumpa lagi dengan Bu Tania iyaa.. aduhh… sudah berapa lama nda nulis?? Sampai lupa.. tak apalah iyya… yang penting tetep update masakan, kali ini resep Soto ayam special dulu :)

Ceritanya sih kemarin ada bbm dari temen yang sekarang lagi hamil :) (selamat iyya….:)) nah dia mau makan yang seger-seger dan nda bikin mual :). Hehe.. nikmatnya Bumil iyya … dan semoga saya cepet nyusul :), iya udah aku saranin bikin soto ayam special ajja deh :), seger dan cocok sama cuaca saat ini :)

Ini dia Soto Ayam Spesial kesukaan keluarga ku!
Soto Ayam Spesial ala Bu Tania

Malamnya ngobrol sama suami, besok mau dimasakin apa?? Soto mau? tanyaku… dan suami langsung bilang iya :). Hehehe siip deh, bangun pagi langsung eksekusi ini itu :)

Ke pasar beli sayur, bihun dan daging ayam ke tukang langganan. Ngomong-ngomong soal soto ini juga jadi salah satu makanan favorit di rumah, mungkin karena seger kali iyya :D terus pas acara nikahan kemarin juga jadi salah satu menunya :).

Hehehe… jadi kangen suami yang lagi keluar rumah :),. Eh kembali ke soto aja deh… cita rasa kuah soto ini emang legendaris banget :), dan resep yang saya pakai juga turun dari mamah tercinta. Sampai-sampai mba yang jauh di sana juga nyalin resep yang saya gunakan saat ini :)

Cara membuat soto nda ribet kok, mudah banget tapi tetep yang terpenting adalah saat proses masaknya. Bumbunya siih cuman 1 ajja, penuh perasaan cinta :D hehehe. Apapun yang kita sajikan pasti rasanya nanti nikmat banget… sruputtt.. segerr :)

Sebenarnya soto itu banyak banget variasinya, kalau di daerah saya ini sih terkenalnya soto kemiri gitu, ada juga soto lamongan di jawa timur sana, jauhh banget :D hehehe. Kalau menurut saya yang membedakannya sih cuman di bubuk koyanya saja ;)

Iyya udah daripada makin penasaran gimana sihh resepnya? bisa dilihat di bawah ini :)

Resep soto ayam special

Bahan yang dibutuhkan :
  • ½ kg dada ayam
  • 700 ml air kaldu ayam
  • 2 batang daun bawang iris-iris
  • 1 batang daun seledri iris-iris
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun jeruk, sobek sobek
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • Penyedap rasa ayam

Bumbu yang dhaluskan untuk kuah soto :
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • ½ sdt merica bubuk

Bahan Sambal kecap:
  • 13 cabai rawit
  • Kecap manis secukupnya
Ads by google:
Bahan pelengkap :
  • Soun/bihun secukupnya, seduh dengan air panas
  • Kol secukupnya, iris tipis
  • Kecambah secukupnya
  • Wortel secukupnya
  • Tomat
  • Bawang goreng
  • Jeruk nipis

Sedikit tipsnya bund :
  1. Pertama saat kita merebus daging ayam, rebusan pertama sekitar 10 menit dibuang iyya bun, barulah di rebus kembali. Nah kaldu itu yang kita pakai :)
  2. Untuk sayuran seperti kol, wortel dan kecambahnya cukup dicelup sebentar di dalam air panas, supaya saat dimakan sayurnya masih segar :)

Cara membuat soto special :
  1. Rebus dada ayam hingga dirasa matang, dan goreng hingga bewarna kekuningan. Sisihkan air kaldunya :)
  2. Suir-suir ayamnya yang sudah di goreng tadi iyya :) biar cantik :)
  3. Selanjutnya kita haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan. Kemudian tumis bersama daun jeruk, dan serai geprek.
  4. Setelah berbau harum, masukkan air kaldu ayam yang sudah disisihkan tadi.
  5. Tambahkan garam dan gula pasir, penyedap rasa ayam. Setelah mendidih tambahkan juga daun bawang dan daun seledri iya bund.
  6. Masak sampai ayam matang. Kemudian angkat ayam matikan api.
  7. Panaskan air hingga mendidih, masukkan bihun dan rendam hingga dirasa cukup.
  8. Untuk sayuran seperti kol, wortel, tauge cukup sebentar iyya memasaknya.
  9. Semua sudah siap, tinggal penyelesaiannya deh :)
  10. Siapkan mangkuk, susun soun, kol, kecambah, wortel, ayam suir, tomat. Kemudian siram dengan kuah soto. Terakhir jangan lupa tambahkan sambalnya :) Hmm,… yum… siap dinikmati deh soto spesialnya :)
Biar makin maknyus, sajikan juga mendoan yang masih hangat. Coba juga resepnya di bawah ini ya :) !
  1. Resep Tempe Mendoan Enak Gurih ala Bu Tania

Udah… pokoknya gampang banget dehh bikin soto bund :) yakin.. ayoo kita coba membuat di rumah untuk keluarga tercinta dan ketika buat harus pakai cinta juga iyya :)
Selamat mencoba resepnya :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?