Resep Kue Piyangko khas Jogja ala Bu Tania

Ads by google:
Kue Piyangko atau Mochi iyaa??

Kue Yangko atau Mochi hasil recook dari internet
Kue Yangko ala Bu Tania

Selamat siang Bunda 😄, Udah ketemu dipertengahan bulan januari nih, hujannya bakal sehari-hari iya 😅 hehehe. Kata orang jaman dulu sih gitu iya 😆, Tak apalah meskipun hujan tapi bukan berarti kita bermalas-malas ria dong 😝

Kalau musim hujan gini, bawaannya lapar mulu, jadi harus pintar-pintar bikin camilan yang tetap mengenyangkan 😏. Iya hari ini bisa juga bikin kue Piyangko 😋 atau bisa disebut juga dengan kue mochi Bunda 😋

Terinspirasi oleh Mamah yang membawa buah tangan dari jogja kemarin 😃, dikasih bungkusan kecil kayak sosis solo(baca: resep sosis solo) gitu, kirain kan gethuk khas jogja iya, ternyata setelah digigit kok kenyil-kenyil gitu iya 😃. hehehe efek nda baca bungkus sih, padahal dibungkus ada tulisannya loh “Kue Piyangko khas jogja”

Ahh… jadi malu 😃, gitu iya kalau jadi orang yang malas membaca 😕. Rasanya seperti mocha yang bullet-bulet githu loo, cuman ini bentknya lonjong 😮. Isian yangkonya cuman kacang ditumbuk kasar dan manis gitu. Kalau mocha kan banyak varian isi iya 😍

Dalam hati, pasti ade’ bisa bikin ini yakin 😁 atau malah terlalu pede? Hahaha 😆. Sampai tiba saatnya keinginan untuk membuat yangko menggebu-gebu 😠. Andalan… browsing dulu biar hasilnya maknyuss 😋

Yess.!! Dapat resep yang ngga ribet dan bisa dengan mudah dicoba di rumah, hehehe senengnya minta ampun deh 😅, Bersyukur lagi dirumah masih ada tepung ketan sisa cake kemarin 😍, Nikmatnya Luar biasa 😊.

Oke bund, cara membuatnya sudah saya bikin sesimple mungkin iya 😊

Resep Kue Yangko atau Mochi

Bahan Kue Yangko khas jogja/ Mochi:
  • 220 gram tepung ketan putih
  • 110 gram gula pasir
  • 10 gram maizena
  • 50 ml santan hangat (bisa diganti susu cair)
  • 100 ml santan biasa
  • ¼ sdt Vanili bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng
  • Sedikit pasta pandan
Ads by google:
Isian kue Yangko :
  • 100 gram kacang tanah sangria
  • 2 sendok makan gula pasir/sesuai selera
  • 2 sendok makan air panas

Sedikit Tipsnya :
  1. Ketika adonan matang, saat mengangkat, lakukan secepat mungkin iya bund, agar kulit mochi atau yangko tetap lembab. Kalau terlalu lama kukusan dibuka maka kulit akan kering dan bahan baluran susah menempel.
  2. Karena terbuat dari tepung ketan, sudah pasti rasanya kenyal dan lembut dimulut, rasa manis mocha dan fillingnya sudah pas. Walaupun sudah dingin selama disimpan diwadah kedap udara semalaman teksture mochinya tetap chewy, kenyal dan lembut 😋

Cara membuat kue yangko:
  1. Campur tepung ketan, gula, garam, vanili bubuk. Aduk rata. Tambahkan minyak iya 😊, kemudian aduk lagi hingga rata 😊
  2. Campur maizena dan 50ml santan biasa, aduk rata. Tuangkan santan panasnya, aduk perlahan hingga rata.
  3. Masukkan ke dalam campuran tepung tadi iya bund, aduk rata. Tambahkan sisa santannya tadi sedikit demi sedikit sampai adonan kalis, diamkan selama 10 menit dengan tutup plastic 😊
  4. Sambil menunggu adonan kulit jadi, kita buat dulu filling atau isiannya iya bu 😊 caranya juga sangat mudah 😊
  5. Campur kacang tanah dan gula pasir, blender atau tumbuk kasar saja 😊. Tambahkan air dan aduk sampai tercampur rata dan dapat dipulung, atau dibulatkan.
  6. Setelah isian jadi, ambil sedikit adonan kulit, beri filling atau isian dan bentuk lonjong seperti sosis solo.  Lakukan sampai adonan habis iya 😊. Kukus dengan api sedang dalam kukusan yang dialasi daun pisang selama 10 menit.
  7. Jika sudah matang angkat perlahan-lahan menggunakan spatula kecil yang sudah diolesi minyak sebelumnya
  8. Tinggal gulingkan dibahan taburan deh, yaitu maizena sangrai.
  9. Sudah deh, tinggal menikmati dengan secangkir the panas 😍, sore santai bersama suami 😍

Gampang dan simple banget kan bund 😊, yuk… ramaikan dapurnya dengan resep mochi atau yangko special di Resep Bu Tania 😊

Nah, sisa tepung ketannya bisa buat kue bolu ketan hitam kukus. Resepnya di bawah ini ya bund.
  1. Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut

Selamat mencoba :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?