Resep Martabak Manis Mini Spesial yang Cocok Untuk Usaha Jualan

Ads by google:
Assalamualaikum :). Yang manis menemani istirahat sore ini, inget yang manis pasti identiknya sama martabak iya :). Kali ini martabak manis mini atau unyil dulu deh :)

Ini dia Martabak manis mini kreasi saya. Recook yuk!
Martabak Manis Mini

Alhamdulillah cetakannya bisa terbeli juga, setelah banyak pertimbangan. Mulai dari segi harga, dan kebutuhan. Nah pas kebetulan esok harinya adalah Khaul almarhum bapak, langsung aja beli bersyukurnya dapat harga yang lumayan :).  Sekalian sih buat isi kotak snack nanti :)

Snack khas Jogja nih cobain yuk! :

Sebenarnya juga udah lama banget pingin bikin martabak manis mini, iya cuman karena di rumah dulu nda ada cetakan jadinya apa daya, hehehe. Kalau sekarang iya nda boleh ada kata malas, cetakannya tinggal ambil di lemari.

Nah untuk martabak mini ini, resepnya simple banget kok siapa aja bakalan langsung bisa. Kakak ipar aja yang suka ogah-ogahan bikin kue sekalinya dikasih resep ini langsung deh bikin terus.

Katanya bahan yang dibutuhkan murah, simple hasil jadinya banyak :). Tapi memang iya si, 1 adonan bisa jadi kurang lebih 22 biji lumayan lho yang mau bikin usaha :). Yang terpenting selain bahan, kita juga harus tau tipsnya iya :) supaya hasilnya tidak mengecewakan, justru malah bikin kita ketagihan membuatnya lagi :)

Resep Martabak Manis Mini atau Unyil

Bahan yang digunakan :
  • 250 gram terigu serbaguna/ Protein sedang
  • 50 gram gula pasir
  • ¼  sdt baking powder
  • ¼  sdt garam
  • 300 ml susu cair
  • 3 butir telur
  • 30 gr gula
  • ½ sdt fermipan/ragi instan
  • ¼ sdt baking powder
  • 50 gr mentega dicairkan
Ads by google:
Olesan / Taburan di atasnya:
  • Mentega
  • Gula pasir
  • Susu kental manis
  • Keju parut
  • Meises cokelat
  • Meises warna

Sedikit Tipsnya Bund dari Saya :) :
  1. Pada cara pembuatannya, penulisan gula dan baking powder 2 kali, bukan karena salah ketik ya, tapi memang saat memasukkan ke adonan dalam waktu yg berbeda.
  2. Saat memanggang kita gunakan api kecil saja, supaya kuenya bisa matang merata
  3. Cetakan dioles mentega tipis saja, kalau terlalu tebal adonan nanti tidak akan menempel di cetakan, alhasil bantat dengan sukses. Karena cetakan saya jenis anti lengket, jadi gak pakai mentega lagi sebagai olesan, soalnya di adonan kan juga sudah dimasukkan mentega cair.

Cara Membuat Martabak Mini :
  1. Pertama kita campur jadi satu terigu, gula, baking powder, dan garam.
  2. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whikser.
  3. Setelah tercampur rata masukkan fermipan dan istirahatkan selama 30 menit Bund.
  4. Di tempat lain kocok telur dan gula (kocok lepas aja pakai garpu) kemudian masukkan ke dalam adonan yg sudah diistirahatkan selama 30 menit.
  5. Terakhir masukkan mentega cair dan baking powder.
  6. Panaskan cetakan, ambil adonan 1 sendok sayur tuang ke dalam cetakan, biarkan sampai adonan mengembang dan berlubang, taburi dengan gula kemudian tutup hingga matang.
  7. Angkat martabak dari cetakan dan beri olesan butter, kemudian beri susu kental manis dan keju atau meises atau topping sesuai selera sebagai taburan.

Bunda mau tau hasilnya? Jangan ragu rasanya secantik gambar lho :). Jadi favorit keponakan, suami, bahkan mamah yang bukan pecinta kue lho :). 

Cantiknya sebuah martabak itu ketika martabaknya bersarang dengan cantik, dan meski sudah sampai siang (buat pagi untuk sarapan) masih enak dan empuk. Patut dicatat dan dicoba di rumah deh :)

Selamat mencoba :).

Coba juga resep recook dan kreasi saya di bawah ini ya ;)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?