Resep Pecel Lele Dengan Sambal Mantap, Ga Kalah Sama Lamongan!

Ads by google:
Pecel lele? Ahh nda mau…. Itu teriakan saya dulu, sebelum berani makan ikan :).  Haha karena berbagai alasan terutama untuk kebaikan nanti akhirnya nyerah juga, berani belajar makan ikan , meskipun belum seberapa :)

Resep Pecel Lele dengan Sambal yang Mantap
Pecel Lele Plus Sambal Mantap

Setelah beberapa hari menu masakannya daging (baca: resep sirloin steak) dan santan jadi pingin bikin sayur bening gitu terus lauknya pecel lele, tempe goreng pake lalapan wuhh… enak banget sampai bikin ngiler looh :). Karena Ngga mau ngebayangin lama-lama, pagi tadi cuss ke pasar deh beli ikan lele ke ibu langganan :)

Baca :
  1. Resep Sayur Asem Gurih dan Sedap Kesukaan Suami
Yey, setelah dapet ikan lelenya cepet-cepet nyari jagung muda sama bayam untuk sayur bening. Eh kurang satu, tempe. Pokoknya lauk yang ini nda boleh ketinggalan deh, wajib ada. Pecinta tempe di rumah begitu banyak, ada yang suka tempe mendoan (klik resepnya di sini), goreng tepung maupun yang goreng sreng :)

Oke deh kembali ke pecel lele iya, awalnya emang geli-geli gimana gitu saat megang. Tapi karena sekarang udah diajarin jurus jitu dari mamah, jadinya aman. Takut?? Ngga begitu kek dulu sii, tapi kadang juga masih geli dikit , hehehe :)

Sudah-sudah nanti jadi keenakan ceritanya :), malah lupa kalau mau berbagi resep untuk bunda-bunda :). Resepnya ada di bawah iya bun ↓😀

Resep Pecel Lele dengan Sambal Mantap

Bahan yang dibutuhkan :
  • 500 gram ikan lele
  • Daun kemangi secukupnya
  • Kol secukupnya

Bumbu yang digunakan untuk ikan lele :
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • ½ sdt ketumbar
  • 2 lembar daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa

Bahan untuk membuat sambal :
  • 10 biji cabai merah
  • 5 biji cabai rawit hijau
  • 2 biji bawang merah
  • 1 buah tomat
  • Terasi secukupnya          
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya

Cara membuat pecel lele :
  1. Pertama  di dalam plastik masukkan lele dan tambahkan 1 sendok makan garam, ikat kencang iya plastiknya 😊, diamkan 10 menitan, tujuannya biar mati, hehe aman 😊
  2. Sambil menunggu ikan mati, kita bisa merebus semua bahan yang digunakan untuk membuat sambal  bunda 😃
  3. Ikannya sudah mati setelah diungkep, bersihkan dan keluarkan kotoran  diperut. Belah sisi kanan sama kiri iya, supaya bumbunya nanti bisa meresap sempurna 😊
  4. Haluskan semua bumbu untuk ikan lelenya, setelah halus lumurkan bumbu ke ikan lelenya secara menyeluruh iyaa, diamkan sebentar, supaya bumbu meresap, sisihkan.
  5. Haluskan bahan untuk membuat sambal yang sudah di rebus menggunakan ulekan biar rasanya lebih mantep gitu 😊
  6. Saatnya menggoreng ikan deh, goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang angkat dan tiriskan iya 😊
  7. Cuci bersih lalapannya iya bun. Saatnya menyajikan deh.
  8. Tata ikan lelenya diatas cobek tanah liat, tambahkan lalapan dan terakhir sambalnya, setelah itu siap santap 😊

Yum..yum.. seger banget pokoknya deh, karena suami nda bisa lepas dari kuah, Jadi buat pecel  lelenya pake sayur bening deh. Apapun pelengkapnya soal rasa pasti nendang banget  :)

Pecel lele seenak lamongan udah dibikin, yuk coba bikin Gurame Tepung Asam Manis! Sebaiknya segera bunda baca resepnya sebelum postingannya tenggelam.

Selamat mencoba 😊
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?