Resep Steak Ayam Crispy

Ads by google:
Selamat sore, lagi rajin update resep nih Bund :) Alhamdulillah. Kamis lalu sudah sempet upload Foto Steak Ayam Crispy dan hari ini saya akan membagikan resepnya iya :)

Hujan memang tidak boleh dijadikan alasan untuk membuat kita malas ke dapur iya, justru harus rajin ke dapurnya :). Iyaa seperti biasa bawaannya kan lapar mulu, minimal harus masak yang bikin kenyang deh.

Olahan Ayam Baru, Steak Ayam Crispy
Steak Ayam Crispy

Karena hujan, mau ke pasar aja ngga jadi, kondisi udah flu takutnya makin jadi. Nunggu ibu langganan juga nda dateng-dateng, iya tanpa fikir panjang lihat isi kulkas deh. Alhamdulillahnya masih ada dada Ayam sisa kemarin, sedihnya cuman tinggal 250gram.

Mikir keras deh mau dibikin apa ini, kalau cuman digoreng sreng mana cukup buat sehari, seenggaknya sampai hujan reda lah, karena lihat hujan turun bakal seharian nih :). Lihat daging ayam sambil menggulingkannya ke kanan kiri.

Yess!! Ide muncul juga :) oke ayam kali ini kamu akan saya jadikan Steak ayam crispy. Selain ada ayam, bersyukurnya sayur yang dikulkas juga cocok sebagai pelengkap :). Nikmatnya titipan Yang Maha Kuasa ini :)

Perpaduan daging ayam dan sayur yang dikukus kemudian disiram saus kental berwarna cokelat keemasan siap menggoyang liah deh pokoknya, hehe :)

Kali ini mau bikin saus tomat sendiri, mumpung tomat bisa dibeli dengan harga murah, selain itu biar rasanya makin menggigit :)

Tak berlama-lama segera eksekusi deh menu hari ini, takutnya para tester istimewa teriak kelaparan :).

Mau resepnya bund? Tanpa diminta saya pasti akan membagikannya dengan senang hati :)

Resep Steak Ayam Crispy

Bahan yang dibutuhkan :
  • 250 gram daging ayam bagian dada, iris melebar
  • 250 gram kentang, kupas dan potong memanjang
  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 2 buah wortel, kupas potong memanjang
  • 10 biji buncis, potong panjang 
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh bumbu kaldu ayam
  • 100ml air dingin

Bumbu saus steak Ayam Crispy special :
  • 2 buah tomat ukuran besar, rebus, buang biji dan kulit kemudian haluskan.
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 siung bawang merah, cincang halus
  • 1 buah bawang Bombay , cincang memanjang
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok makan gula pasir
  • 1-2 sendok makan saus tiram
  • ½ sendok teh penyedap rasa 
  • 2-3 sendok makan saus exstra pedas
  • 200 ml air
  • Margarin untuk menumis
Ads by google:
Sedikit Tips Bund :
Beberapa kali membuat steak seringnya memakai saus tomat yang botolan, suami mulai komplain kenapa nda buat saos tomat buatan sendiri, saya tertantang, akhirnya buat sendiri :)
  1. Ketika membuat saus tomat, kita cukup merebusnya hingga matang, buang kulit dan isinya kemudian tinggal dihaluskan dengan blender.
  2. Kita gunakan tepung terigu protein rendah iya bund untuk Ayam crispynya, supaya lebih crunchy hasilnya.
  3. Usahakan minyak di penggorengan cukup untuk membuat Ayam crispynya tenggelam iya, dan usahakan hanya membalik 2 kali saja supaya tidak terlalu banyak meresap minyak.

Lanjut ke cara membuat sirloin steak iyaa bunda :)
  1. Seperti biasa, saya lebih suka mengukus sayuran yang sudah dipotong-potong tadi terlebih dahulu, kan kalau udah ada dalam kukusan bisa sambil membuat yang lain, hehe :). Mengukusnya sesuai selera iya.. kalau saya paling 5-10 menit aja, jadi sayurnya masih terasa krenyes-krenyes.
  2. Selanjutnya kita membuat Ayam Crispy, untuk adonan basah kita haluskan bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan  penyedap rasa hingga halus.
  3. Setelah itu tuangkan air dingin dari kulkas iya, tambahkan 3-4 sendok makan terigu, aduk hingga rata.
  4. Sekarang kita membuat adonan kering, campurkan tepung terigu dan penyedap rasa, merica dan garam, aduk rata.
  5. Saatnya menggoreng, panaskan minyak goreng, jika sudah panas. ambil ayam yang sudah difilet, celupkan ke dalam adonan basah, kemudian masukkan ke adonan kering, barulah kita goreng di dalam penggorengan dengan minyak yang cukup sampai adonan tenggelam.
  6. Lakukan sampai ayam crispynya habis.
  7. Sekarang kita buat sausnya,  panaskan penggorengan, masukkan mentega kemudian tumis bawang Bombay, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan sampai berbau harum dan matang :). 
  8. Masukkan saos tomat, tambahkan air dan bumbu lain seperti saus tiram, merica, garam, penyedap rasa dan gula pasir sampai mengental. Aduk, test rasa, dan tunggu sampai matang :)
  9. Siap disajikan bunda :)

Untuk tips penyajiannya seperti ini :
  1. Susun dulu sayurnya seperti kentang kukus, buncis, wortel diatas piring, lalu letakkan steak yang sudah digoreng tadi. Barulah disiram saus special yang udah dibuat. Dan bagi pecinta pedas, tambahkan aja saus sambal, pasti lebih mantap.
  2. Simple kan bun, cepet lagi cocok untuk hidangan kapan aja nih, mau siang malem atau kapanpun :)

Selamat berkreasi bunda dengan rahasia dibalik resep Steak Ayam Crispy :). Coba juga iya resep Lainnya di Butania.com

  1. Resep Soto Ayam Spesial dengan Jeruk Nipis - Baru!!
  2. Ternyata Membuat Sirloin Steak itu Mudah, Yuk Baca Resepnya!
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?