Resep Pepes Jamur Tiram Pedas Bumbu Desa

Ads by google:
Assalamualaikum :)
Semoga bunda sehat selalu iya, dengan begitu saya ada teman untuk memeriahkan dapur 😊. Kali ini sih menunya pepes jamur tiram pedas bumbu desa, hihihi.

Pepes Jamur Tiram Pedas. Klik untuk membaca resepnya!
Pepes Jamur Tiram Pedas ala Bu Tania

Berhubung orang di rumah nda begitu suka sama ikan, alhasil untuk menentukan menu harus berfikir keras, mau masak apa lagi iya?? Hehehe selalu itu :). Dari rumah belum nemu ide, iya udah deh ke ibu tukang sayur aja dulu, siapa tahu nanti dapet ilham.

Baca : Resep Ikan Gurame Tepung Asam Manis

Hmm… hari ini sih pengennya yang seger, pedes, dan gurih gitu deh bu, maklum efek cuaca hujan :). Eh… nengok ke kanan ada putih-putih terus dibungkus, tapi bukan mba kunti iya wong siang bolong kok, hihi.

Jamur tiram, itulah yang saya maksut si putih. Hmm… jadi ada ide deh mau bikin apa dengan si warna cantik dan harga murah ini :). Mau bikin pepes jamur tiram aja deh, bumbunya resep rahasia dari mamah… wuhh mantepnya :)

Yang mau tau cara membuatnya ada dibawah ini iya bu, eits sampai pol iya bacanya. Ada tips rahasianya :) hehehe

Baca juga : 3 Rahasia Menghilangkan Rasa Pahit Masakan Bunga dan Daun Pepaya

Waktu yang dibutuhkan :
  • 15 menit persiapan
  • 20 menit memasak

Peralatan yang dibutuhkan :
  • Wadah
  • Pisau
  • Pengukus
ads by google:

Resep Membuat Pepes Jamur Tiram Pedas

Bahan yang digunakan :
  • 2 bungkus jamur tiram
  • 5 biji cabai merah
  • 3 biji cabai hijau rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • 1 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap rasa bila suka
  • Beberapa lembar daun pisang
  • Beberapa tusukan

Ini nih tipsnya dari saya bu :
  1. Pertama soal daun pisang yang kita gunakan untuk membungkus bu, biasanya kan kalau daun baru diambil dari pohon itu gampang banget pecah kan kalau dibuat bungkus. Nah untuk mengatasinya, kita bisa menjemurnya di bawah sinar matahari sampai agak layu aja, atau bisa dengan cara memanggangnya di atas api kecil, jangan lama-lama sampai agak layu aja.
  2. Untuk jamur tiramnya disuwir-suwir dulu iya bu, katanya biar nda kesedak pas makan.  Terus setelah dicuci bersih, diperas iya jamurnya. Kandungan airnya banyak banget, nanti kalau dikasih bumbu jadinya tambah cair, makanya itu kenapa mesti diperas dulu.
  3. Setelah dikukus selama 15-20 menit, lebih enak lagi kalau dipanggang/bakar sebentar bu, bumbunya lebih meresap sempurna dan aromanya makin wangi bu :).

Baiklah.. lanjut ke cara pembuatan pepes jamurnya :):
  1. Pertama kita suwir-suwir dulu bu jamurnya, setelah itu di cuci bersih dan jangan lupa diperas iya :),  sisihkan terlebih dahulu.
  2. Yang kedua kita haluskan bumbu-bumbunya, pake ulekan biasa rasanya lebih maknyus lho :). Sekalian olahraga :)
  3. Setelah bumbunya dirasa pada tingkat kehalusan yang pas, cielah gaya banget iya bu :). Saatnya mencampurkan bumbu dengan jamur, aduk-aduk dulu sampai rata.
  4. Baru kita masukkan telur ayamnya bu, aduk lagi sampai rata.
  5. Ambil selembar daun pisang, taruh jamur tiram yang berbumbu. Kemudian bungkus dan rapatkan menggunakan  tusuk lidi bu, lakukan sampai selesai.
  6. Selanjutnya kita kukus pepesannya sekitar 15-20 menit iya, jangan lupa sebelumnya pengukus diberi air dulu. Nanti gosong noo kalau nda di kasih air, hihihi.
  7. Setelah matang, panaskan panggangan. Panggang  sekitar 5 menit aja cukup, angkat dan sajikan deh. Yum.. yum :)

Kalau di rumah biasanya saya menyajikan dengan sayur asam gitu, jadi tambah mantap. Sepiring nasi mah bakalan kurang deh, yakin :).

Masih nda percaya?? Cobain aja bunda, pasti bakal nagih :), serius. Untuk mendapatkan rasa yang demikian bunda jangan lupa iya ikuti setiap langkahnya.

Selamat mencoba membuat pepes jamur tiram pedasnya:)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?