Resep Membuat Klepon isi Gula Merah Lengkap dengan Tips Anti Gagalnya!

Ads by google:
Menghidangkan jajanan tradisonal lagi yuk bund 😊, biar makin semangat bikinnya yang gampang-gampang aja deh. Kayak si kue cantik yang berwarna hijau, Klepon 😊

Sebenarnya pernah sekali sih bikin si kue isian gula ini, tapi karena kurang beruntung dan terburu-buru jadinya gagal deh, eh bukan gagal ding tapi belum berhasil.  Semua memang butuh proses iya, nda mungkin gitu aja langsung bisa, malah dengan belum berhasilnya dan suatu ketika kita sudah berhasil bisa dijadikan pengalaman iya bu 😊

Klepon isi Gula Merah

Sempet sih kemarin karena belum berhasil down juga, tapi karena melihat temen yang bisa membuat dan upload gambar klepon di salah satu media sosial, saya pun makin punya greget pengen banget buat. Apalagi itu yang buat sahabat saya, kesempatan deh minta tipsnya juga 😊

Och iya.. dari tadi kok ngomong mulu iya, kira-kira udah tau belum apa itu kue klepon? Jika ada yang belum tau sedikit informasi iya tentang si kue yang khas Indonesia benget ini, mungkin beda daerah beda nama gitu.

Kue Klepon terbuat dari campuran air atau santan dan tepung beras ketan bun, yang diisi dengan irisan gula merah lalu direbus untuk menghasilkan tekstur yang kenyal. Kemudian klepon yang telah matang digelindingkan diatas parutan kelapa, sehingga kuenya terbalut parutan kelapa.

Dari segi penampilan, jajanan ini sangatlah menarik lho dan yang paling penting sangat lembut untuk dimakan bund. Pada umumnya sih kue klepon berwarna hijau iya, namun terkadang untuk mempercantik warna, bisa diganti warna yang lain kok, sesuai selera aja gitu 😃. Kalau warna cantik kan biasanya makannya makin lahap, hehehe.

Oke deh bund yang mau resepnya jangan khawatir, dengan senang hati saya akan berbagi deh. Semuanya ada dibawah ini iya 😊, ingat bunda baca dengan teliti supaya tidak mengalami hal seperti saya pas percobaan pertama 😀

Resep klepon isi gula merah

Bahan yang dibutuhkan :
  • 250 gr tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • 4 sdm santan
  • 130 ml air putih matang ( ini dikira-kira aja bund, pokoknya pas aja)
  • Beberapa tetes pewarna makanan hijau (sesuai selera)
  • 120 gr gula merah, sisir halus
  • 2 lembar daun pandan, potong-potong
  • 200 gr kelapa parut (secukupnya)
  • Air secukupnya untuk merebus
  • Garam secukupnya, untuk adonan dan parutan kelapa
ads by google:

Setelah baca-baca ternyata bahannya gampang dijumpai kan??

Sedikit Tipsnya bund :
  • Pilihlah tepung ketan yang masih bagus, tidak berbau apek.
  • Kelapa yang akan diparut sebaiknya kulit yang berwarna cokelat dikupas terlebih dahulu supaya hasil parutannya putih. Kalau bikinnya banyak, lebih baik kelapa parutnya dikukus dulu iya bund, biar nda basi
  • Isian gula merahnya juga diiris terlebih dahulu iya bund, supaya gampang leleh saat direbus.
  • Saat memberi isian gula merah, bunda atur iya jangan sampai gula tampak dari luar adonan, karena akan membuat adonan berlubang kala direbus.
  • Setelah air mendidih, baru kita buat bulatan klepon iya bund, supaya tidak menempel satu sama lain.

Baca juga:
  1. Resep Kue Cucur Gula Merah
  2. Resep Kue Dadar Gulung PisCok

Cara membuat klepon :
  1. Ambil sebuah wadah, campurkan tepung ketan, tepung beras, pewarna makanan dan garam. Aduk-aduk sampai rata, lalu tuang santan dan air perlahan, aduk hingga merata dan adonan menjadi kalis.
  2. Rebus air dan masukkan daun pandan hingga mendidih.
  3. Ambil sedikit adonan lalu pipihkan di telapak tangan dan beri isian dengan gula merah, rapatkan hingga menutupi gula merah.
  4. Masukkan adonan klepon yang telah dicetak ke dalam air mendidih. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.
  5. Tunggu adonan hingga mengapung, jika klepon tidak kunjung mengapung, aduk perlahan dengan spatula iya bund. Kadang nempel di dasar panci.
  6. sembari menunggu klepon mengapung bunda bisa mengukus kelapa yang telah diparut selama 5 menit, lalu tambahkan garam dan aduk hingga merata.
  7. jika sudah mengapung, ambil klepon menggunakan saringan kawat, gelindingkan diparutan kelapa yang telah diaduk bersama garam, hingga permukaan klepon tertutup dengan parutan kelapa.

Setelah baca-baca caranya mudah kan bund? Kalau masih ada yang bilang bikin klepon dengan isian gula merah itu sulit, hmm mungkin kesulitannya ada pada rasanya, yaitu sangat sulit untuk dilupakan setiap gigitannya, iya kan? Hehehe

Oke deh bund, selamat berkarya, semoga selalu mau belajar resep baru yang ada di Resep Bu Tania 😊
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?