Resep Mie Ayam dengan Ceker Gurih dan Pangsit Spesial

Ads by google:
Selamat pagi bu ibu 😊 sudah menentukan tema untuk makan siang nanti?? kalau belum saya punya resep mie ayam dengan ceker dan pangsit special nih, pas banget dinikmati waktu hujan gini 😋

Mie Ayam Ceker Kecap Pangsit. Tapi pangsitnya udah habis.

Mie dengan toping ayam kecap memang sangat menggoda kok iya, tiap keluar bareng temen-temen makanan yang diburu iya si nikmat ini. Bukan hanya temen-temen saja sih, orang rumah juga, bisa dikatakan memang salah satu makanan idola sejuta umah 😁

Sampai suatu hari saya bertekad ingin membuat sendiri ahh, kali aja bisa lebih irit *pikiran ibu-ibu RT* hehehe. Bayangkan saja serumah ada 3 orang, semangkuk sekitar Rp. 10.000 total-total Rp. 30.000 kan, belum lagi soal bahan yang digunakan, maraknya pedagang yang curang membuat saya jadi merasa gimana gitu kalau mau beli makanan.

Terlepas dari ketakutan itu, saya yakin tetep ada kok diluaran sana pedagang yang jujur. Hingga pada suatu hari keinginan untuk membuat mie ayam ala pedagang terlaris makin memuncak, eksekusi dapur deh secepatnya 😍

Oh iya kalau di tempat makan depan rumah, mie ayamnya dilengkapi ceker bumbu kecap gitu lho bund jadi rasanya enak banget trus ada juga pangsit yang dibungkus plastic keccil-kecil, jadi kalau mau nambah pangsit iya ambil sendiri. Wahh rasane too mantep banget, super sekali deh bund.

Kalau biasanya bunda cuman tambah ceker 1 biji, malu-malu karena cara makannya cukup unik *dikrikiti”, nanti bunda bisa buat sepiring deh buat balas dendam, hehehe. Saking nikmatnya nanti juga nda bakal keitung habis berapa, tau-tau tinggal piringnya aja, hehehe.

Baca: Resep Seblak Ceker Gurih

Nah.. untuk toping ayamnya lebih uenak dimasak semur aja bu, kuahnya pakai kuah kaldu ayam yang dibumbuin bawang putih, jahe dan merica. Pelengkap berupa pangsit bisa sista atau ibu bikin sendiri di rumah iya...jadi homemade banget hehehe

Rasanya…. wucchh… jauh lebih enak daripada mie ayam yang di jual di pinggir jalan atau mungkin lebih enak juga dari masakan resto. Yang pasti mah semua bahan terjamin kualitasnya, kan kita sendiri yang membeli bahan dan mengolahnya :)

Okeh bunda, untuk cara membuat mie ayam dengan pelengkap ceker semur dan pangsit semua ada di sini 😊.

Resep Mie Ayam Ceker Pangsit Spesial

Bahan yang dibutuhkan :
  • 250 gram mie kering/ mie basah (6 buah mie dara)
  • 500 gram ayam rebus, potong-potong kecil (sesuai selera aja bund, mau disuwir juga boleh)
  • 250 gram ceker ayam
  • sawi hijau secukupnya
  • 2 batang daun bawang
  • Bawang goreng secukupnya
  • Kecap manis dan saus sambal atau tomat untuk pelengkap secukupnya
ads by google:
Bahan Kuah Mie Ayam:
  • 800 ml kaldu ayam , diambil dari ceker ayam yang di rebus dulu dengan api kecil 1 jam sampai keluar kaldu beningnya
  • 2 siung bawang putih, geprek hingga remuk
  • ¼ sendok teh gula pasir
  • Garam sesuai selera
  • Penyedap rasa (bila suka)

Bumbu yang dihaluskan untuk daging dan ceker kecap :
  • 8 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • ½ sendok teh merica  butiran
  • 2 cm jahe geprek
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 4 sendok makan kecap
  • 300 ml air
  • Garam secukupnya

Coba juga : Seblak Ceker Pedas

Untuk pangsit, ini resepnya Bu :
  • 375 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh garam
  • 150 ml air panas mendidih
  • 80 ml air biasa
  • ½ bungkus kaldu bubuk
  • 2 siung bawang putih halus
  • minyak goreng

Sedikit tips nih bund :
  1. Sebenarnya rasa khas mie ayam itu ada pada minyak ayamnya lho bund, cara membuatnya juga gampang kok. Yang penting usahakan pilih ayamnya bagian yang banyak lemak bisa diambil dari kulit atau bagian dada belakang ayam atau bisa juga iga ayam, bagian ini kalau di masak akan keluar minyak ayamnya.
  2. Toping ayam tumis untuk mie ayam sebenarnya banyak versi bu, ada yang ayamnya di ungkep hingga lama seperti ayam ungkep bacem yang manis gurih, ada juga yang sekedar di tumis kasih kecap gitu aja
  3. Pemberian jahe ditumisan ayam juga berpengaruh bu, supaya ketika bercampur kuah aroma kuahnya akan lebih segar gitu deh.
  4. Sebagai campuran tumisan ayam, bisa juga di tambahkan jamur. Jamurnya juga macem-macem bu, mulai dari jamur merang, jamur kancing pokoknya sesuai selera..atau jamur tiram juga enak untuk campuran mie ayam kok
  5. Taburkan daun bawang terakhir ketika akan disajikan. Aroma daun bawang yang khas akan menambah aroma dan citarasa mie ayam makin enak.
  6. Agar lebih komplit gizinya, bisa juga ditambahkan bakso atau pangsit untuk mie ayam.
  7. Walaupun mie untuk mie ayam sudah matang, sebelum disajikan, masukkan dulu ke air mendidih seperti di abang-abang tukang mie ayam itu..lalu tiriskan di mangkuk saji, baru di tuangi kuah. Agar kuah tetap panas ketika disajikan. 
  8. Jika mienya sudah dingin, maka akan cepat jadi dingin dan kurang nikmat rasanya.

Cara membuat Mie Ayam Ceker Pangsit:

1. Pertama kita buat daging dan Ceker kecapnya
  1. Tumis bumbu halus dan jahe geprek hingga harum.
  2. Masukkan ceker, daging ayam, air dan bumbu-bumbu lain.
  3. Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah menyusut.
  4. Setelah dirasa pas, Sisihkan.

2. Selanjutnya resep dan cara membuat kuah mie ayamnya:
  1. Panaskan 1 sendok makan minyak ayam.
  2. Tumis bawang putih geprek hingga harum, masukkan air kaldu, gula, garam dan penyedap rasa. Masak hingga mendidih dan bumbu tercampur rata.
  3. Icipi rasanya dulu iya bund, sebelum dimatikan apinya.

3. Cara membuat minyak ayamnya :
  1. Panaskan kulit ayam dan air hingga keluar minyaknya.
  2. Jadi kulit ayam tadi diungkep hingga air habis, masak dengan api kecil.
  3. Nanti akan keluar minyak ayamnya.

Ada satu cara lagi untuk membuat minyak ayamnya.
Yaitu pakai lemak ayam atau gajih ayam yang berwarna putih yang nempel di daging-daging ayam . Dipanaskan sebentar saja, langsung jadi minyak

4. Giliran membuat pangsit deh :
  1. Campur tepung terigu dengan air panas.
  2. Carup-carup (aduk) masukkan garam dan penyedap rasa, tambahkan air biasa.
  3. Uleni sampe kalis.
  4. Diamkan selama kurang lebih 40 menit
  5. Giling tipis pake gilasan kayu.
  6. Potong dan goreng dalam minyak yang jumlahnya banyak dan api kecil

Saatnya penyajian :
  1. Masak air hingga mendidih, masukkan mie, rebus sampai matang, lalu masukkan sawi hijau, rebus sampai matang.
  2. Tiriskan mie dan sawi iya,  setelah itu tuang ke dalam mangkuk, beri tumisan ayam, ceker, daun bawang, bawang merah, lalu tuangi kuah mie ayam. Sajikan dengan kecap dan saus dan sambal rawit jika suka.

Yum..yum… sudah kebayang kan gimana nikmatnya semangkuk mie ayam spesial buatan bunda, apalagi dilengkapi ceker dan pangsit gitu, bikin ngileerrr. Ayuk bund coba di rumah nda bakal kecewa deh, ketagihan iya :)

Selamat mencoba :)
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?