Resep Steak Ayam Lada Hitam dengan Saus Gurih

Ads by google:
Resep Steak Ayam Lada Hitam, butania.com -
Steak Ayam Lada Hitam

Selamat sore Bunda 😃 Lagi sibuk bebenah rumah iya?

Setelah seminggu berkunjung kesana kemari ke sanak saudara :D. Iya kalau ngga lebaran gini pasti ngga sempet kan berkunjung ke sanak saudara karena bebagai kegiatan, entah suami yang lagi lembur, atau pergi keluar kota.

Nah kalau lebaran bertepatan dengan kumpul keluarga, halal bihalal jadi siapapun itu pasti waktunya bakal disempet-sempetin kan setahun cuman sekali 😁

Seperti pengalaman saya kemarin waktu diajak suami ke Halal Bihalalnya keluarga Bani Sumothowil. Rame sih, acaranya juga lumayan meriah. Apalagi nih buat saya ya, keluarga mamah emang keluarga besar tapi asal ngumpul aja gitu ngga ada acara halal bihalal.

Nah serunya waktu halal bihalal di rumah keluarga pak dhe itu ada yang namanya Terbangan (indonesia: rebana) kalau orang sini bilang 😃 ini nihh gambarnya

Terbangan (rebana) musik tradisional jawa
Terbangan Grup Bani Thowil

Lebih serunya yang main Rebana itu ternyata keluarga juga looh 😄. Duuhh jumlahnya ternyata udah ada ratusan, iya yalah iya wong dari mbah Buyut, belum cucu, cicit, canggahnya. Hehehe

Yang paling saya tunggu adalah sesi makan 😂 .Karena perut sudah mulai keroncongan. Makannya si simple Bund, sederhana tapi rasanya super sekali. Iya typical masakan orang jaman dulu kan kaya bumbu iya, jadi iya so yummy bangeett deeh 😃

Hehehe kok malah cerita tentang halal bihalal mulu iya Bund :)

Nah masih suasana lebaran nih pasti kalau berkunjung ke saudara menunya bakalan opor ayam lagi iya? Apalagi biasanya kalau orang Jawa itu seminggu setelah lebaran ada yang namanya lebaran ketupat :)

Jadi bakal masak opor lagi tuh buat sayur lontong sama ketupat. Begitupun dengan mamah, Duhh riwehnya luar biasa. Apalagi niih bertepatan sama Mba ipar yang lagi lahiran. Jadi bagi tugas gitu, saya sama suami yang tunggu di rumah sakit, mamah di rumah masak ketupat.

Dan sayangnya saya tidak bisa mengabadikan momentum pembuatan ketupat :(. Taunya sampai di rumah tinggal makan :)

Seharian udah makan opor, esok harinya makan lagi Bunda, tapi mblenger juga kata orang sini :). Padahal nih stok ayam di rumah masiih lohh yang belum diolah :)

Mikir keras kalau diopor lagi juga bakalan dikomplain. Hmmm apa iyaa ?? Yesa ide muncul juga, bahan sii boleh sama iya ayam. Tapi olahan dari ayam kan banyak iya salah satunya *Steak Ayam lada hitam*.

Cocok nih habis makan yang bersantan saatnya makan sayuur :). Bersyukur di kulkas masih ada wortel dan buncis, eh kentang di dapur juga masih ada :) Alhamdulillah sangat mendukung.

Eksekusi sana sini nyiapin bahan mulai dehh memasak. :) Ini dia resepnya iya Bund.

Resep Steak Ayam Lada Hitam

Bahan Steak Ayam Lada Hitam:
  • 200 gr dada ayam fillet, potong melebar menjadi 2 bagian
  • 1 sdm margarin

Bumbu perendam:
  • 1 sdt lada hitam tumbuk
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm olive oil/minyak sayur

Bumbu lada hitam:
  • 1 sdm margarin untuk menumis
  • 1 bh bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm lada hitam tumbuk
  • ½ sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm sisa bumbu perendam
  • 200 ml air
ads by google:
Cara Membuat Steak Ayam Lada Hitam
  1. Campur seluruh bahan perendam, aduk hingga rata
  2. Tusuk-tusuk daging fillet ayam dengan garpu lalu rendam dengan bumbu selama kurang lebih 1 jam
  3. Siapkan wajan teflon, oleskan margarin, masukkan ayam telah direndam, panggang hingga matang

Cara Membuat saus lada hitam:
  1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan terigu aduk rata, masukkan air hingga mendidih, tambahkan semua sisa bumbu. Koreksi rasa.
  2. Siram saus bumbu ke atas ayam yang sudah dipanggang.

Bagaimana bund? Jadi punya referensi kan mengolah ayam di rumah :) Ngga hanya bisa dibiki opor ayam atau dibikin steak ayam crispy kayak yang pernah saya buat, bisa juga loh dibikin steak ayam lada hitam lebih simple dan hemat waktu iyaa Bund :)

Ayoo Bund semangat mencoba resepnya dan semoga bermanfaat :)

Cobain juga bund:
  1. Resep Sirloin Steak
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?