Resep Tongseng Ayam Oriental ala Bu Tania

Ads by google:
Resep tongseng ayam - butania.com -
Tongseng Ayam Oriental

Assalamualaikum Bunda 😊

Ceritanya masih ingin masak yang segar-segar nih 😜. Nah pas nonton tv dapet tuhh ide baru, hihihi. Ini mah namanya korban iklan "Tong...sreeengg...Tong..Srengg.." iya kali ini enak juga bikin Tongseng Ayam 😂

Untung banyak Bund, karena semua yang dibutuhkan untuk memasak kali ini sudah ada stoknya di kulkas, tinggal ambil 😝. Padahal mah aslinya juga menghabiskan sisa ayam kemarin kok.
Penasaran juga sama rasa tongseng asli, yang ngga dalam kemasan instan 😃. Soalnya udah pernah ngrasain yang instan dalam bentuk mie gitu.

Nah...suami sama keponakan dukung juga, coba aja dibikin. Daaan..rasanya mirip sama mie instan itu, cuman rasanya lebih strong sama oriental banget deeh 😋😋. Recomended banget buat dicoba dirumah Bunda 😃

Baca juga : Resep Steak Ayam Crispy

Untuk bahannya juga mudah banget, yukk intipp 😊
ads by google:

Resep Tongseng Ayam Oriental

Bahan yang dibutuhkan :
  • ¼ kg ayam, potong dadu
  • Kol / Kubis secukupnya, dipotong
  • 250 ml santan kental
  • 250 ml santan cair
  • 1 lembar daun salam
  • 2 buah tomat, potong sesuai selera
  • 2 batang daun bawang
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa ayam secukupnya
  • Kecap secukupnya
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 8-10 buah cabai rawit
  • 1/3 ruas kayu manis
  • 1 ruas jahe
  • Bawang goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 2 butir kemiri
  • 12 cabai keriting
  • ½ sdt merica
  • ¼ sdt ketumbar

Bahannya sudah iya Bund, ada sedikit Tipsnya nih Bund :
  • Untuk rasa lebih strong atau nikmat Bunda bisa menyangrai kunyit, kemiri, ketumbar, jahe, dan merica terlebih dahulu iya baru dihaluskan dan dimemarkan.
  • Nah selalu usahakan mengaduk santannya iya, supaya tidak pecah rasanya pun ngga hambar

Cara membuat Tongseng ayam spesial :
  1. Pertama kita cuci bersih dulu bahan maupun bumbu yang akan kita gunakan.
  2. Setelah itu sangrai kunyit, kemiri, ketumbar, jahe, dan merica hingga berbau harum.
  3. Haluskan bumbunya, kemudian tumis semua bumbu hingga harum iya.
  4. Tambahkan ayam yang sudah dipotong dadu tadi, tambahkan kecap. Aduk sebentar
  5. Masukkan santan cair iya, aduk perlahan. kalau sudah mendidih baru kita masuukkan santan kentalnya Bund.
  6. Aduk terus, icip rasanya iya. kalau sudah dirasa pas dan mendidih, matikan kompornya Bund.
  7. Sudah deh, Tongseng Ayamnya siap dinikmati.
  8. Eh jangan lupa taburan bawang gorengnya

Nyam..nyam... rasanya ngga bohong deh. enak kok. Disarankan menikmatinya saat hangat Bund, lebih nendang iya 😜😜

Selamat mencoba resep tongseng ayam di atas Bunda 😊

Coba juga :
  1. Resep Steak Ayam Lada Hitam dengan Saus Gurih - Baru!!
  2. Resep Ayam Bakar Praktis Tanpa Bau Sangit - Baru!!
Ads by google:
1 Komentar

Wsh mbak tania selalu menciptakan resep baru terus nih

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?