Resep Ikan Peda Pepes Goreng / Brengkes Peda Daun Mengkudu

Ads by google:
Selamat siang Bunda :) Apa kabarnya hari ini? Semoga Allah selalu bersama kita iya :)

Duuhh...udah berapa lama iyya ngga update resep? Sampe lupa udah berapa bulan ngga nulis resep :)
Baiklah..untuk mengurangi rasa kangen menulis, kali ini akan berbagi resep Ikan peda pepes goreng atau orang biasa menyebutnya Brengkes peda.

Resep Pepes Peda Goreng Daun Mengkudu
Ikan Peda Pepes Goreng Daun Mengkudu

Beda tempat beda pula namanya iya Bun, kalau di twmpat bunda apa iya namanya? Share dikolom koment iya hehe :)

Alhamdulillah hari ini lagi libur kerja, jadi menyempatkan waktu bikin menu yang satu ini :)
Kebetulan kemarin lihat lemari di dapur ada ikan nan menggoda ini, jadi punya rencana, ahh besok buat brengkes aja deh hehehe :)

Untuk resepnya sama seperti kita membuat pepes pada umumnya Bund, bedanya pepes kali ini digoreng gitu ajja.

Kalau biasanya kan dikukus sebentar lalu dipanggang iya. Namun baiklah untuk mempermudah bunda dalam memasak, dengan senang hati saya akan membagikan resepnya

Resep Ikan Peda Pepes goreng/Brengkes Peda

ads by google:
Bahan yang digunakan :
  • Ikan peda secukupnya
  • 5 biji cabai merah
  • 7 biji cabai rawit 
  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Daun mengkudu secukupnya

Sedikit Tipsnya Bund :
  1. Pilihlah ikan peda yang masih segar.
  2. Agar ikan pedanya tidak terlalu asin, kita bisa merendamnya ke dalam mangkuk yang sudah berisi air dan campuran garam, ini nih rahasianya mamah hehehe
  3. Pilihlah daun mengkudu yang muda, 2-3 dari bagian yang muda.
  4. Saat menggoreng usahakan apinya kecil saja, supaya pepesnya matang hingga dalam. Jadi ngga ada kata si ikan peda masih memtah.

Cara membuat ikan peda pepes goreng :
  1. Pertama kita siapkan ikan peda, potong 2 bagian, buang kepalanya.
  2. Haluskan semua bumbunya, mulai dari cabai sampai gula.
  3. setelah bumbu halus, lumuri ikan pedanya.
  4. Ambil selembar daun mengkudu, taruhlah ikan peda beserta bumbu tadi. Bungkus seperti melipat baju. Lakukan 2 kali atau menggunakan 2 lembar daun. Tinggal kita sematkan tusuk gigi/tusukan.
  5. Lakukan satu persatu sampai habis iya :)
  6. Terakhir kita goreng dehh hingga dirasa matang , tiriskan.
  7. Sajikan dengan nasi puyih selagi hangatt iyya :)

Bagaimana Bunda? Mudah bukan cara membuatnya :) Setelah Bunda tau resepnya pasti akan bilang *Ohhh...ternyata mudah juga membuatnya* Hehehe semoga bermanfaat Bunda :)

Jangan lupa iya...mampir ke resep lainnya :)
  1. Resep Mie Ayam dengan Ceker Gurih dan Pangsit Spesial - Baru!!
  2. Resep Ikan Mas Bumbu Kuning Santan Gurih Rumahan
Ads by google:
0 Komentar

Mungkin ada yang terlewatkan atau kurang paham dari artikel di atas, ada yang ingin ditanyakan?